Ratna Sarumpaet Dituntut 6 Tahun Penjara Atas Kasus Hoaks, Atiqah-Rio Malah Asyik Buka Puasa Bersama
Instagram/atiqahhasiholan
Selebriti

Pengadilan menuntut Ratna Sarumpaet dengan hukuman enam tahun penjara atas tindakannya yang menyebarkan berita bohong alias hoaks tentang penganiayaan terhadapnya.

WowKeren - Sidang lanjutan kasus penyebaran berita bohong yang menjerat Ratna Sarumpaet kembali digelar pada Selasa (28/5). Dalam sidang beragendakan pembacaan tuntutan jaksa tersebut, Ratna berharap bisa bebas.

Ratna sebelumnya didakwa membuat keonaran lewat hoaks penganiayaan dirinya, yang disebarkan kepada sejumlah orang lewat aplikasi WhatsApp. Ibunda Atiqah Hasiholan tersebut mengaku wajahnya yang lebam akibat dipukul, padahal hasil dari operasi plastik.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut Ratna dengan hukuman 6 tahun penjara akibat menyebarkan berita bohong. Koordinator JPU, Daroe Tri Sadono juga menjelaskan hal-hal yang memperberat hukuman Ratna, yakni membuat kegaduhan masyarakat dan memberikan keterangan yang berbelit-belit.

"Sebelum kami sampai pada tuntutan pidana atas diri terdakwa, kami selaku Penuntut Umum dalam perkara ini wajib pula mempertimbangkan berbagai hal," kata Daroe dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, pada Selasa (28/5). "Perbuatan terdakwa membuat keresahan dan kegaduhan di masyarakat. Terdakwa pernah dihukum."


Menanggapi tuntutan JPU tersebut, Ratna merasa keberatan serta menilai tuntutannya berlebihan dan dipaksakan. Apalagi aktivis berusia 69 tahun tersebut juga menegaskan sejak awal tak ingin kasusnya ditangani secara politik.

"Saya merasa bukan soal 6 tahun, tapi saya merasa narasi dari seluruh tuntutan itu hiperbola, dibesar-besarin. Di depan sudah pakai Alquran itu tapi di belakang dia bohong juga," ujar Ratna usai menjalani persidangan. "Katanya keonaran tapi padahal apa yang terjadi di pasal keonaran itu tdak terbukti di kasus saya. Itu yang saya maksud hiperbola dibesarkan dan didramatisasi."

Sementara itu, Atiqah sendiri terlihat mendampingi Ratna saat menjalani sidang tersebut. Akan tetapi, aktris berusia 37 tahun tersebut belum menanggapi tentang tuntutan sang bunda. Dalam foto yang diunggah di hari yang sama dengan sidang Ratna, Atiqah terlihat berbuka puasa bersama sang suami, Rio Dewanto, dan rekan kerja mereka di sebuah restoran.

(wk/evaa)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait