Awas, Penggunaan Gadget yang Berlebihan Bisa Sebabkan Otot Cedera
Health

Gadget seolah menjadi kebutuhan wajib bagi manusia modern. Namun, tahukah kalian jika penggunaan gadget secara berlebihan dapat memicu masalah kesehatan? Simak penyakit apa saja yang bisa ditimbulkan gadget berikut ini.

WowKeren - Masalah kesehatan pertama yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan gadget secara berlebihan adalah terjadinya cedera pada otot. Hal ini disebabkan karena gerakan-gerakan kecil dan konstan yang kita lakukan saat menggunakan gadget bisa memicu cedera otot hingga menimbulkan rasa nyeri.

Misalnya gerakan mengetik yang berlebihan bisa menyebabkan pembengkakan pada otot. Selain itu, menggunakan mouse selama setengah jam sehari juga dapat meningkatkan risiko rasa sakit di pundak, lengan bawah atau tangan.

Gangguan lainnya lebih mengkhawatirkan, misal terjadinya Repetitive Stress Injuries atau RSI. RSI sendiri terjadi ketika salah satu bagian tubuh mengalami cedera ringan karena penggunaan gadget. Kondisi ini bahkan dapat mempengaruhi seluruh bagian tubuh.

Sel yang rusak karena RSI dapat melepaskan zat yang bernama cytokines ke aliran darah. Kondisi ini cukup membahayakan, karena cytokines yang tersirkulasi di aliran darah dapat menjadi racun untuk sel syaraf dan sel-sel lainnya.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru