Serikat Karyawan Garuda Buka Suara Soal Pelaporan YouTuber yang Unggah Menu Tulis Tangan
Nasional

Diketahui, 2 YouTuber bernama Rius Vernandes dan Elwiyana Monica dilaporkan ke polisi atas dugaan pencemaran nama baik usai mengunggah foto menu makanan penerbangan bisnis Garuda Indonesia.

WowKeren - Sejumlah anggota Serikat Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga) telah melaporkan 2 YouTuber yang membagikan foto menu tulisan tangan di media sosial, yakni Rius Vernandes dan Elwiyana Monica. Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Sekarga pun mendukung pelaporan tersebut.

"Penyampaian pengaduan ini dilakukan karena kami patuh dengan aturan dan prosedur hukum yang berlaku terkait dengan penggunaan media sosial," ungkap Ketua Harian Sekarga, Tomy Tampatty, pada Selasa (16/7). "Kami juga akan menghormati semua proses hukum yang akan berjalan dan mematuhi segala keputusan yang ditetapkan oleh pihak pengadilan nantinya."

Menurut Tommy, laporan tersebut didasari pada dampak kerugian yang dialami oleh Garuda Indonesia. Unggahan Rius di media sosial tersebut dinilai tidak proporsional mengenai peristiwa yang sebenarnya terjadi. Unggahan itu akhirnya menimbulkan persepsi negatif masyarakat terhadap layanan Garuda Indonesia.

Sementara itu, Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Bandara Soekarno-Hatta, AKP Alexander Yurikho, menyatakan bahwa Rius dan Elwi dilaporkan atas dugaan pencemaran nama baik. "Postingan melalui media sosial Instagram yang content atau isinya berupa foto dan serta catatan tulisan tangan yang dinilai oleh pelapor mengandung unsur pencemaran nama baik," ujar Yurikho dilansir Tempo pada Rabu (17/7).


Laporan tersebut juga sudah dibenarkan oleh Kapolres Bandara Soekarno-Hatta, Kombes Pol Victor Togi Tambunan. "Benar ada laporan dari pihak PT Garuda Indonesia," ungkap Victor dilansir Jawa Pos pada Rabu (17/7).

Sebelumnya, Rius dan Elwi yang merupakan kekasihnya membagikan foto menu dalam penerbangan bisnis Garuda Indonesia dengan rute Sydney-Denpasar-Jakarta lewat fitur Instagram Story pada Sabtu (13/7). Namun, menu yang dibagikan bukan berupa buku, melainkan hanya secarik kertas dengan tulisan tangan.

Dalam keterangannya, Rius mengklaim buku menu Garuda Indonesia masih dalam proses percetakan. "Menu yang dibagiin tadi di Business Class @garuda.indonesia dari Sydney-Denpasar. Menunya masih dalam proses percetakan Pak," tulis Rius dalam unggahannya di akun @rius.vernandes.

Unggahan tersebut lantas menjadi viral dan banyak diperbincangkan. Pihak Garuda Indonesia sendiri telah memberikan bantahan. Lewat akun Twitter resminya, Garuda mengklarifikasi bahwa foto kartu menu tulisan tangan tersebut sebenarnya merupakan catatan untuk awak kabin dan tidak untuk disebarluaskan.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait