Nikmati Asyiknya Ngopi Sambil Baca Buku di 8 Library Cafe Ini, Cocok Banget Buat Bookaholic!
Kuliner

Kafe yang mengusung konsep perpustakaan menjadi salah satu tempat yang menarik perhatian para pecinta buku. Nah mau tahu kafe apa saja di Indonesia yang mengusung konsep perpustakaan? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

WowKeren - Persaingan dunia bisnis kuliner tanah air saat ini berlangsung sengit. Karena itu, pebisnis biasanya melakukan beragam cara agar usahanya bisa menarik banyak pengunjung. Salah satunya dengan mengusung konsep beda dan unik.

Nah, di antara konsep unik di dunia bisnis kuliner adalah library cafe atau yang dikenal dengan kafe perpustakaan. Seperti namanya, di tempat ini pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman sambil membaca buku.


Biasanya, kafe perpustakaan mengutamakan faktor kenyamanan, baik dari sisi interior maupun atmosfer yang diciptakan. Dan yang tak kalah penting, kafe-kafe ini biasanya menyediakan berbagai koleksi buku yang bisa dibaca di tempat. Sehingga bagi kamu para pecinta buku atau bookaholic, kafe perpustakaan adalah tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu santai.

Nah, mau tahu kafe apa saja di Indonesia yang mengusung konsep perpustakaan? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Kunjungi Cafe Perpustakaan Freedom di Jakarta yang Punya Banyak Koleksi Buku


Kunjungi Cafe Perpustakaan Freedom di Jakarta yang Punya Banyak Koleksi Buku

Jika kamu ingin menghabiskan waktu dengan tenang sambil membaca buku, ada baiknya untuk datang ke Kafe Perpustakaan Freedom yang terletak di Menteng, Jakarta. Alamat lengkapnya adalah Jalan Proklamasi No. 41, Cikini, Jakarta Pusat. Kafe ini sendiri buka mulai pukul 10 pagi hingga 9 malam.

Tempat ini sendiri menggabungkan perpustakaan terbuka dengan kedai kopi yang memiliki suasana nyaman untuk membaca. Pasalnya, kafe yang telah dibuka sejak tahun 2008 lalu ini memiliki koleksi buku yang sangat banyak, hingga mencapai 11.401 eksemplar. Buku yang disediakan juga berasal dari berbagai jenis dan tema.

Selain itu, di dalam Perpustakaan Freedom juga terdapat Warung Kopi Proklamasi yang menyediakan berbagai jenis kopi, makanan dan minuman. Karena itu, tempat ini cocok banget buat kamu yang ingin membaca buku sambil menikmati secangkir kopi hangat.

2. The Reading Room Jakarta, Kafe Perpustakaan yang Menyediakan Banyak Bacaan Menarik


The Reading Room Jakarta, Kafe Perpustakaan yang Menyediakan Banyak Bacaan Menarik

Nah, kafe perpustakaan selanjutnya yang cocok untuk dikunjungi adalah The Reading Room. Kafe ini sendiri terletak di Jalan Kemang Timur Raya No. 57, Jakarta Selatan. Dan kafe ini buka mulai pukul 10 pagi sampai 12 malam.

Kafe dua lantai ini memiliki banyak koleksi buku bacaan yang diletakkan di rak-rak kayu. Kebanyakan buku yang ada di kafe ini berjenis sastra, sejarah, sains dan antropologi. Meski demikian, kamu juga bisa menemukan berbagai bacaan menarik lainnya. Mulai dari buku motivasi diri, novel hingga buku bisnis yang mengulas tentang kewirausahaan. Tidak hanya dibaca di tempat, kamu juga bisa membawa pulang buku-buku ini dengan harga diskon khusus.

Sambil membaca buku, kamu bisa menikmati berbagai menu yang disediakan. Pasalnya, kafe ini menyediakan makanan ringan hingga menu utama yang bernuansa Western dan Indonesia. Dan jika beruntung, kamu mungkin bisa bertemu dengan sutradara terkenal Joko Anwar atau penulis ternama Ayu Utami. Sebab katanya mereka sering berkunjung ke kafe ini.

3. Datangi Dongeng Kopi Indiebook, Kafe Perpustakaan di Yogyakarta yang Super Unik


Datangi Dongeng Kopi Indiebook, Kafe Perpustakaan di Yogyakarta yang Super Unik

Yogyakarta juga memiliki kafe bernuansa perpustakaan yang bernama Dongeng Kopi Indiebook. Kafe ini sendiri terletak di Jalan K.H. Wahid Hasyim No. 3, Condongcatur, Yogyakarta. Selain sebagai kafe, tempat ini juga menjadi basecamp penerbit buku di bawah bendera Indiebook.

Karena itu, di tempat ini kamu bisa menemukan berbagai koleksi buku terbitan Indiebook yang ada di pojok kafe. Ada berbagai macam jenis koleksi di tempat ini. Mulai dari buku sastra, fiksi, non fiksi hingga buku tentang sepak bola. Tidak hanya buku, sebab di tempat ini kamu juga bisa bertemu dengan penulis ternama maupun komunitas penulis di Yogyakarta.

Keunikan lain yang bisa kamu dapatkan di tempat ini adalah pengalaman meracik kopi sendiri dengan sistem manual blewing. Dengan dibantu oleh seorang barista handal, kamu bisa meracik kopi sesuai selera. Dan setelah meracik kopi, kamu bisa duduk santai sambil membaca buku di bangku kayu dengan atmosfer yang tenang.

4. Nikmati Ice Cream dan Kopi di Kafe Roti Papi Yogyakarta yang Punya Banyak Bacaan Berbahasa Inggris


Nikmati Ice Cream dan Kopi di Kafe Roti Papi Yogyakarta yang Punya Banyak Bacaan Berbahasa Inggris

Masih dari Yogyakarta, Kafe Roti Papi adalah salah satu tempat kuliner dengan nuansa perpustakaan yang bisa banget kamu kunjungi. Kafe ini sendiri terletak di Jalan Affandi, Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta dan buka mulai jam 10 pagi sampai 12 malam.

Kafe yang memiliki penampakan luar seperti kos-kosan ini memiliki banyak buku yang didominasi dengan buku berbahasa Inggris. Desain interior tempat ini sendiri ditata sedemikian rupa dan sangat rapi, sehingga menghadirkan atmosfer yang nyaman. Tidak hanya itu, interior furniture kayu yang dilengkapi dengan pendingin ruangan serta alunan musik juga semakin menambah ketentraman di tempat ini.

Ada berbagai kudapan hingga makanan berat yang disediakan di kafe ini. Mulai dari roti pita yang diisi dengan tumisan daging sapi, sandwich hingga nasi goreng. Untuk minumannya, kamu bisa memesan kopi, green tea latte, hingga ice cream. Menarik banget kan?

5. Bagi Pecinta Buku, Dapatkan Pengalaman Berbeda di Libreria Eatery Surabaya


Bagi Pecinta Buku, Dapatkan Pengalaman Berbeda di Libreria Eatery Surabaya

Surabaya juga memiliki beberapa kafe bertema perpustakaan. Salah satunya adalah Libreria Eatery yang terletak di Jalan Ngagel Jaya No. 87-89, Surabaya. Kafe ini dipercaya dapat menghadirkan pengalaman berbeda bagi para pecinta buku.

Di kafe ini, beberapa rak buku terlihat mengisi setiap sudut ruangan. Buku-buku itu ditata dengan rapi di dalam rak, mulai dari buku fiksi, non-fiksi, kamus, ensiklopedia hingga komik. Untuk membaca buku dengan nyaman, kamu bisa memilih untuk duduk di sofa yang empuk maupun bangku rotan. Tidak hanya itu, sambil membaca buku kamu juga bisa menikmati internet gratis di tempat ini.

Di tempat ini, kamu bisa memesan makanan dan minuman yang dijamin lezat dengan harga yang ramah di kantong. Menu yang disediakan juga cukup beragam, mulai dari kudapan, makanan utama hingga berbagai jenis minuman yang lezat dan menyegarkan. Dan jika tertarik untuk mengunjungi kafe ini, kamu bisa datang antara pukul 10 pagi sampai 10 malam.

6. Heritage Coffee, Kafe Perpustakaan di Batam yang Memiliki Interior Unik


Heritage Coffee, Kafe Perpustakaan di Batam yang Memiliki Interior Unik

Nah, kafe berkonsep perpustakaan selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Heritage Coffee. Lokasi persis kafe ini sendiri berada di Jalan Bunga Raya Komplek Baloi Square No. 4 Batam. Kafe ini dimiliki oleh penulis novel asal Batam yakni, Yenny Fyfy. Di kafe ini, dia meletakkan sekitar 600 buku yang berasal dari koleksi pribadinya.

Kafe ini sendiri memiliki interior yang cukup unik. Pasalnya, rak buku di kafe ini menempel di dinding dan membentuk kata "READ" yang berarti "Membaca". Selain itu juga terdapat rak buku lain di setiap sudut ruangan. Jika membaca di tempat ini, kamu akan merasa nyaman karena bisa duduk di sofa yang empuk ditambah dengan penerangan putih dan ruangan yang sejuk.

Sambil membaca, ada baiknya untuk memesan beberapa makanan yang disediakan. Kafe ini menyediakan berbagai varian kopi hingga berbagai jenis kudapan maupun makanan berat yang super lezat. Menariknya, kamu bisa mendapat potongan harga makanan dengan menukarkan koleksi buku ke perpustakaan kafe. Seru banget kan?

7. Nikmati Waktu Santaimu di Bookshelf Cinere Jakarta Sambil Membaca Buku


Nikmati Waktu Santaimu di Bookshelf Cinere Jakarta Sambil Membaca Buku

Kafe berikutnya yang juga berkonsep buku adalah Bookshelf Cinere. Kafe yang bernuansa ungu-putih ini terletak di Jalan Cinere Raya No. 43, Cinere, Jakarta Selatan. Di lantai pertama kafe ini, kamu bisa membeli buku dengan harga yang lebih ekonomis. Sedangkan di lantai dua terdapat sebuah perpustakaan dengan berbagai macam koleksi.

Di lantai dua, disediakan bangku kayu yang nyaman untuk sekedar nongkrong atau membaca buku. Buku yang disediakan sendiri terdiri dari beragam jenis, mulai dari buku fiksi, non-fiksi, bisnis, politik hingga agama. Di tempat ini, kamu bisa membaca dengan nyaman karena efek sejuk dari pendingin ruangan dan alunan musik yang merdu.

Jika lapar melanda, kamu bisa memesan berbagai makanan dan camilan yang disediakan. Kamu bebas memilih ingin memesan menu Western atau Indonesia. Berbagai jenis minuman nikmat dan menyegarkan juga tersedia di kafe ini. Jadi patut banget nih buat dikunjungi!

8. Kudos Cafe, Salah Satu Tongkrongan Favorit Ana-Anak Muda di Surabaya


Kudos Cafe, Salah Satu Tongkrongan Favorit Ana-Anak Muda di Surabaya

Nah, kafe bertema perpustakaan terakhir yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian adalah Kudos Cafe. Kafe ini sendiri terletak di Pakuwon Square AK 2 No.3 Jl. Yono Suwoyo No.100 Wonokromo, Lidah Wetan, Lakarsantri, Surabaya. Untuk berkunjung ke tempat ini, kamu bisa datang antara pukul 8 pagi sampai 10 malam.

Kafe ini memiliki konsep minimalis dan modern yang bisa membuat pengunjung betah berlama-lama. Selain itu, berbagai jenis menu juga disediakan, mulai dari pizza, pasta hingga nasi.

Kudos Cafe sendiri memiliki tiga lantai, di mana lantai 2 digunakan sebagai tempat utama atau ruang makan. Sedangkan lantai dasar digunakan sebagai tempat workshop. Selain itu, kafe ini juga menyediakan berbagai macam buku dan majalah yang bisa dibaca pengunjung sambil menikmati makanan.

Demikian delapan kafe berkonsep perpustakaan yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Jika kalian ingin mengetahui tentang berbagai minuman khas Indonesia yang berkhasiat dan nikmat, ada baiknya untuk menyimak artikel ini. Selain itu, kalian juga bisa memperhatikan artikel ini untuk mengetahui berbagai kuliner legendaris dengan harga terjangkau yang ada di Malang.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel