Punya Waktu Luang Sendirian? Cobain 8 Kegiatan Yang Cocok Banget Dilakukan Untuk 'Me Time'
Lifestyle

Meluangkan waktu selama beberapa jam untuk santai tentu bisa mengurangi stress. Namun jika kalian memiliki hari libur panjang untuk 'me time' enggak ada salahnya mencoba berbagai kegiatan yang bermanfaat.

WowKeren - Saat ini sudah banyak orang yang mengenal istilah "Me Time". "Me time" merupakan momen krusial bagi seseorang untuk beristirahat dari aktivitas sehari-hari dan menyediakan waktu bagi diri sendiri. "Me time" ini bisa dibilang salah satu kegiatan yang penting loh. Tanpa meluangkan "me time" seseorang bisa menjadi mudah lelah, bad mood, wajah kusam, bosan hingga merasa tertekan.

Aktivitas relaksasi ini juga sebaiknya dilakukan setiap hari dan sesering mungkin, tergantung frekuensi stres dan tekanan yang kalian alami setiap harinya. Sayangnya banyak orang, terutama wanita yang merasa kesulitan mendapatkan waktu luang untuk diri sendiri. Padahal 'me time' bisa dinikmati kapan pun dan di mana saja.


Meluangkan waktu selama beberapa jam untuk santai dan melakukan hobi tentu bisa mengurangi stress kalian. Namun jika kalian memiliki hari libur panjang yang ingin digunakan untuk "me time" enggak ada salahnya mencoba berbagai kegiatan yang bermanfaat.

Berikut tim WowKeren rangkum 8 kegiatan yang cocok dilakukan untuk "me time". Selain menyenangkan dan menghilangkan stres, kegiatan ini juga bermanfaat. Kegiatan-kegiatan ini juga enggak butuh biaya mahal kok. Penasaran? Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Habiskan Waktu Santaimu Dengan Eksplor Museum Atau Galeri Seni


Habiskan Waktu Santaimu Dengan Eksplor Museum Atau Galeri Seni

Kalau kalian punya waktu luang dan ingin berjalan-jalan santai, enggak ada salahnya nih eksplor berbagai museum atau galeri seni di kota kalian. Berjalan santai menikmati berbagai jenis benda seni yang bersejarah tentu bakal membuat waktu kalian berjalan dengan cepat. Selain itu kalian juga bisa menambah wawasan akan sejarah dan seni.

Jika rasa lelah mulai datang, enggak ada salahnya beristirahat dan duduk dalam tempat yang disediakan dalam museum. Sesekali ngobrol dengan sesama pengunjung dan berbagi cerita juga bisa menjadi hiburan tersendiri kan? Intip juga rekomendasi wisata museum yang ada di Surabaya di sini.

2. Asah Kemampuan Merias Kalian Dengan Bermain Make Up Sendiri Di Rumah


Asah Kemampuan Merias Kalian Dengan Bermain Make Up Sendiri Di Rumah

Buat kalian yang sedang suka dengan make up, enggak ada salahnya mengasah kemampuan kalian dengan berlatih di rumah. Kalian bisa dengan santai dan bebas bermain make up sendiri sesuai kreasi kalian tanpa harus mempedulikan tanggapan orang lain. Kalian juga enggak perlu takut berkreasi karena bebas melakukan apa saja.

Untuk inspirasinya kalian bisa mencari-cari tutorial make up dari YouTube atau sumber lain. Tersedia banyak pilihan mulai dari make up simple yang ringan sampai make up berat ala artis Hollywood yang bisa kalian coba. Kalau ingin lebih menantang, kalian bisa mencoba make up karakter yang membuat wajah kalian menjadi beberapa karakter film.

3. Menonton Film Yang Menarik Di Bioskop Sendiri Bisa Jadi Alternatif Yang Bagus


Menonton Film Yang Menarik Di Bioskop Sendiri Bisa Jadi Alternatif Yang Bagus

Salah satu kegiatan yang paling diminati saat "me time" adalah menonton film yang menarik di bioskop sendirian. Jangan salah paham, menonton film sendirian juga enggak kalah seru kok. Kalian enggak harus menunggu teman dan bisa langsung habiskan waktumu dengan menonton film keluaran terbaru di bioskop.

Kamu juga bisa dengan bebas menentukan film mana yang ingin kamu tonton. Selain itu, kalian juga bebas mau melakukan apa saja saat habis menonton film. Kalian bisa menonton film sebanyak yang kalian mau tanpa harus repot mengatur jadwal dengan teman. Yang lebih asyik lagi, kalian bebas mengekspresikan emosi kalian saat menonton film tanpa harus malu dengan teman.

4. Habiskan Waktu Luangmu Untuk Hal Berguna Dengan Merapikan Kamar


Habiskan Waktu Luangmu Untuk Hal Berguna Dengan Merapikan Kamar
manrepeller/Haley Nahman

Jika kalian enggak tahu apa yang ingin dilakukan di rumah saat waktu luang, cobalah untuk merapikan kamar. Dimulai dari membersihkan sampah kertas dan sisa cemilan yang kemudian dilanjutkan dengan merapikan buku, meja belajar, baju-baju yang bertebaran di mana-mana, mengganti sprei, dan menyapu kamar.

Perlu diketahui juga bahwa bersih-bersih bisa menjadi ritual yang membuat mereka stres yang dihadapi sepanjang hari berkurang loh. Setelah bekerja, kalian bisa memfokuskan diri pada aktivitas yang dikenal dengan baik. Membersihkan lantai atau menyetrika bisa jadi sejenis meditasi yang cukup bagus. Selain itu, kamar yang bersih akan membuat kalian nyaman dan betah serta tidak merasa sumpek lagi.

5. Cobalah Memanjakan Diri Dengan Melakukan Relaksasi Di Spa


Cobalah Memanjakan Diri Dengan Melakukan Relaksasi Di Spa

Salah satu kegiatan "me time" ini sudah pasti bakal membuat stres kalian jadi hilang. Sesekali manjakanlah diri kalian dengan pijatan relaksasi di spa. Kalian bisa pergi ke tempat refleksi untuk melakukan pemijatan pada tubuh. Pijatan ini selain memberikan relaksasi pada tubuh dan pikiran juga membuat tidur kalian jadi berkualitas.

Jadi bagi yang susah tidur cobalah untuk melakukan pijatan refleksi ini ya. Kalian juga bisa pergi ke salon seperti melakukan spa dan perawatan. Lakukanlah apa yang tidak bisa kalian lakukan saat sibuk seperti facial, creambath atau hanya kegiatan "nyalon" lainnya. Cocok banget kan untuk menghabiskan waktu "me time" dan sekaligus membuat kalian semakin cantik?

6. Menonton serial TV atau TV Show Di Rumah Bisa Menjadi Alternatif Bagi Kalian


Menonton serial TV atau TV Show Di Rumah Bisa Menjadi Alternatif Bagi Kalian
Unsplash/NeONBRAND

Jika kalian sedang enggak ingin keluar rumah menonton film di bioskop, sekarang ada Netflix dan aneka program yang mempermudah kalian mendapatkan tontonan menarik. Pasti ada saja serial yang tertinggal dan harus kalian tonton. Nah karena itu, maraton menonton berbagai serial TV menarik saat "me time" adalah saat yang tepat.

Selain itu, kalian bisa santai menonton di mana saja di rumah. Mau menonton sambil berbaring di kamar, sambil duduk atau bahkan sambil duduk di sofa raung tamu juga bisa. Kalian bisa membeli beberapa cemilan yang pastinya makin membuat kegiatan nonton kalian jadi makin asyik.

7. Menonton Acara/Konser Musik Gratis Juga Bisa Hilangkan Stres Loh


Menonton Acara/Konser Musik Gratis Juga Bisa Hilangkan Stres Loh

Kalian penggemar musik? Enggak ada salahnya untuk menghabiskan waktu "me time" kalian dengan menonton acara musik yang ada di kotamu. Selain itu, mendengarkan musik juga terbukti bisa mengurangi stres yang melanda kalian loh. Para ilmuwan dari University of Missouri setuju bahwa mendengarkan musik dapat memperbaiki suasana hati.

Penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Positive Psychology ini mengungkapkan bahwa perbaikan mood dan penurunan tingkat stres tampak terlihat setelah 2 minggu rutin mendengarkan musik. Musik juga kerap kali dilakukan sebagai salah cara untuk menenangkan mereka yang akan mengalami operasi atau tindakan lainnya, sehingga mereka dapat menjadi lebih rileks. Intip juga rekomendasi aplikasi streaming musik ini.

8. Enggak Ada Salahnya Ikut Kelas Online Untuk mengasah Kemampuan Baru


Enggak Ada Salahnya Ikut Kelas Online Untuk mengasah Kemampuan Baru

Kalau kalian suka menghabiskan waktu dengan hal-hal yang bermanfaat, enggak ada salahnya untuk coba gabung dengan kelas online. Sesuai dengan namanya, kelas ini dibuka dengan sistem online. Jadi kalia hanya perlu mengikuti pelajaran di rumah tanpa harus mendatangi kelas tersebut.

Berbagai kelas online ini cocok untuk kalian yang suka mempelajari hal baru. Mulai dari kelas seni seperti menggambar, merajut dan memasak banyak sekali di luar sana. Selain itu, juga terdapat kelas online untuk ilmu pengetahuna seperti bisnis dan sains loh.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel