Tingkat Pengamanan Diturunkan, Jokowi Pastikan Kondisi Papua Sudah kondusif
Instagram/kemensetneg.ri
Nasional

Presiden RI Joko Widodo meminta agar pihak kepolisian menindak tegas tindakan diskriminatif yang sangat berpotensi menimbulkan perpecahan di kalangan suku bangsa yang ada Indonesia.

WowKeren - Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi memastikan bahwa kondisi pasca kerusuhan di Papua sudah kondusif. Ia mengatakan bahwa tingkat pengamanan di sana sudah mulai diturunkan.

"Selamat pagi. Sampai saat ini, saya terus mengikuti perkembangan di Tanah Papua," kata Jokowi melalui unggahan di akun Instagram resmi miliknya, Jumat (23/8). "Dan Alhamdulillah situasi di sana sudah kembali berjalan normal. Tingkat pengamanan di Papua pun kini sudah diturunkan."

Ia mengatakan bahwa sejumlah pihak telah saling menyampaikan permohonan maaf mereka terkait kerusuhan yang pecah di Papua. Sebab, hal itu menjadi salah satu kunci untuk tetap menjaga tali persaudaraan antara bangsa dengan terus menghormati dan menghargai satu sama lain. Sehingga persatuan dan kesatuan tidak terganggu.


"Permintaan maaf sudah dilakukan, dan ini menunjukkan kebesaran hati kita bersama untuk saling menghormati," lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. "Untuk saling menghargai sebagai saudara sebangsa dan setanah air."

Lebih lanjut, ia meminta agar pihak kepolisian menindak tegas para pelaku yang melakukan tindakan diskriminatif terhadap ras dan etnis tertentu. Seperti diketahui, masalah SARA sangat sensitif di Indonesia mengingat negeri ini terdiri dari ribuan suku bangsa yang majemuk.

"Saya juga telah memerintahkan kepada Kapolri untuk menindak secara hukum," tutur Jokowi. "Tindakan diskriminasi ras dan etnis, yang rasis, secara tegas."

Selanjutnya ia ingin mewujudkan kesejahteraan di Papua. Untuk itu, ia akan mengundang para tokoh dari Papua untuk mendiskusikan hal tersebut.

"Minggu depan, jika tak ada halangan, saya akan mengundang para tokoh dari Papua dan Papua Barat, baik tokoh adat, tokoh masyarakat, juga tokoh agama, ujar Jokowi. "Untuk berbicara masalah percepatan kesejahteraan di Tanah Papua."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru