Bappenas Targetkan Bangunan Fisik Ibu Kota Baru Rampung 2024
Nasional
Ibu Kota Baru Indonesia

Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengungkap jika masterplan untuk pembangunan ibu kota baru akan selesai pada akhir 2020. Dan untuk pembangunan fisiknya ditargetkan akan rampung pada tahun 2024.

WowKeren - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyebutkan jika rencana induk atau masterplan pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur akan rampung pada akhir 2020. Sedangkan untuk kontruksi fisiknya ditargetkan selesai di tahun 2024.

Dalam fase penyusunan masterplan, pemerintah telah menyiapkan desain kota, desain gedung, serta dasar aturan hingga penyediaan lahan. Sedangkan untuk fase pembangunan infrastrukturnya akan dilakukan pada akhir 2020.

"2020 akhir mulai konstruksi, kami harapkan paling lambat 2024 proses pemindahan sudah dilakukan. Pemindahannya akan ada tahapannya, tentu nanti kami detailkan progres pembangunannya," ujar Bambang dalam konferensi pers di Istana Negara, Senin (26/8).

Bambang menegaskan jika kebijakan yang dilakukan hanya akan berfokus pada pemindahan pusat pemerintah. Sementara itu, DKI Jakarta nantinya akan tetap didorong menjadi pusat bisnis dan keuangan berskala internasional.


Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menambahkan pembangunan infrastruktur dilakukan dengan tiga klaster. Pertama, mendesain kawasan sendiri dan menentukan tata ruang yang akan rampung pada 2020.

Kedua, pembangunan prasarana dasar seperti jalan dan air, termasuk pembangunan bendungan. "Kami sudah dapat beberapa lokasi bendungan dan disiapkan untuk melayani ibu kota negara ini," ujar Basuki. Dan ketiga, membangun gedung pemerintahan sendiri dengan memenuhi kebutuhan struktural.

"Konstruksinya kira-kira memakan waktu tiga sampai empat tahun untuk selesaikan jalan, waduk, air, sanitasi, dan gedung-gedung. Target misalnya 2023-2024 akan mulai ada pergerakan ke sana. Insya Allah dengan jadwal ini mudah-mudahan masih bisa kami tangani," papar Basuki.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan ibu kota negara akan dipindahkan dari DKI Jakarta ke kawasan Kalimantan Timur. Dalam pidatonya yang di Istana Negara pada Senin (26/8) ini, Presiden Jokowi mengungkap jika pemerintah telah memutuskan kawasan Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur sebagai calon ibu kota negara yang baru.

Tak hanya itu, Jokowi juga mengungkapkan sejumlah alasan mengapa Kalimantan Timur terpilih untuk menjadi calon ibu kota negara yang baru. Seperti risiko bencana yang minim di Kalimantan Timur, hingga lokasi yang yang strategis karena terletak di tengah-tengah Indonesia.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts