Wajah Jokowi Sembab Saat Jenazah BJ Habibie Diturunkan ke Liang Lahat
Nasional

Presiden ke 3 RI, Bacharuddin Jusuf Habibie, meninggal pada Rabu (11/9) malam. Jenazah almarhum pun dikebumikan di TMP Kalibata pada Kamis (12/9) siang secara militer.

WowKeren - Hari ini, Kamis (12/9), jenazah Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Dimakamkan secara militer, Presiden Joko Widodo mengemban amanah sebagai inspektur upacara dalam prosesi pemakaman.

Menyampaikan ungkapan dukanya. Jokowi tampak tak kuasa menahan kesedihannya. Pasalnya sosok Jokowi selama ini memang dikenal dekat dengan Bapak Dirgantara Indonesia tersebut.

"Saya, Presiden RI atas nama negara bangsa dan TNI dengan ini mempersembahkan ke persada Ibu Pertiwi, jiwa raga dan jasa jasa almarhum, nama Prof Dr. Ing. H. BJ Habibie," ujar Jokowi. "Jabatan Presiden ke-3 RI, putra dari Bapak Awi Abdul Jalil Habibie almarhum, yang telah meninggal dunia demi kepentingan negara dan bangsa pada Rabu, 11 September 2019, pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Soebroto karena sakit."

"Semoga jalan darma bakti yang ditempuhnya dapat menjadi suri teladan bagi kita semua," imbuhnya. "Dan mendapat tempat yang semestinya di alam baka."


Wajah mantan Wali Kota Solo itu terlihat sembab lantaran tak kuasa menahan haru kesedihan. Ekspresi yang sama pun tampak oleh para pelayat lain.

Wajah Jokowi Sembab Saat Jenazah BJ Habibie Diturunkan ke Liang Lahat

Kompas TV

Saat jenazah Habibie diturunkan ke liang lahat, bendera merah putih dibentangkan setinggi dada. Dua putra Habibie, Ilham dan Thareq ikut membantu penurunan jenazah sang ayah ke liang lahat. Penghormatan terakhir pun ditandai dengan tembakan salvo.

Sebelum liang lahat ditutup, keluarga Habibie melakukan tabur bunga. Alunan musik lagu 'Gugur Bunga' menambah haru prosesi pemakaman.

Hingga berita ini ditulis, prosesi pemakaman masih berlangsung di TMP Kalibata. Selain Jokowi, putra Habibie, Ilham Akbar Habibie, juga tampak memberikan sambutannya.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru