Fadli Zon Bikin 'Sajak Sepatu Kotor', Sindir Jokowi Soal Karhutla?
Nasional

Puisi bertajuk 'Sajak Sepatu Kotor' tersebut dibagikan Fadli lewat akun Twitter pribadinya pada Jumat (20/9). Dalam puisinya, Fadli menyinggung sepasang sepatu kotor yang dipamerkan di tengah-tengah kebakaran hutan.

WowKeren - Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, memang dikenal kerap membuat puisi. Kali ini, Fadli membagikan puisi buatannya yang berkaitan dengan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Tanah Air.

Puisi bertajuk "Sajak Sepatu Kotor" tersebut dibagikan Fadli lewat akun Twitter pribadinya pada Jumat (20/9). Dalam puisinya, Fadli menyinggung sepasang sepatu kotor yang dipamerkan di tengah-tengah kebakaran hutan.

"Sepasang sepatu penuh tanah, debu, dan kotoran kau pamerkan di tengah kebakaran," demikian kutipan puisi tersebut. "Ketika orang-orang tersiksa pengap udara sesak bau menyengat. Rakyat makin sekarat melahap asap."

Selain itu, Fadli juga menyinggung soal sosok yang selalu berpose dan diikuti puluhan kamera. Namun, sosok tersebut masih belum juga bisa memadamkan kebakaran hutan.

"Seperti biasa kau berpose yang sama, diikuti puluhan kamera, siap menangkap adegan sandiwara," lanjut Fadli. "Sepasang sepatu kotor adalah jawaban dari kebakaran hutan. Api gagal kau padamkan, teror kabut asap terus mencekam."


Fadli Zon

Twitter

Sementara itu, beberapa waktu lalu foto sepatu kotor Presiden Joko Widodo menjadi perbincangan ramai di media sosial. Foto tersebut dibagikan oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang turut mendampingi Presiden Jokowi kala meninjau karhutla di Riau pada Selasa (17/9) kemarin.

Walhi Riau lantas menilai Jokowi maupun Menteri-Menterinya tak perlu menunjukkan kondisi sepatu mereka. Deputi Direktur Eksekutif Daerah Walhi Riau, Fandi Rahman, menyebut bahwa Jokowi seharusnya bisa memperlihatkan sosoknya sebagai kepala negara dalam menyelesaikan kasus karhutla.

"Seharusnya ketika Presiden ke sana itu bukan beliau datang untuk kotor-kotor, tapi untuk menyelesaikan," tutur Fandi di Kantor Walhi Nasional, Jakarta Selatan, pada Rabu (18/9). "Apa perintahnya terkait proses penyelesaian karhutla ini."

Sementara itu, Jokowi yang mengunggah foto-fotonya kala meninjau penanganan karhutla juga dicibir oleh warganet. Banyak masyarakat yang masih bersikap skeptis atas tindakan sang presiden.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait