Dosen UI Sebar Meme Joker Anies Baswedan, Tagar #UIPecatAdeArmando Trending Topic
Nasional

Dosen UI Ade Armando menjadi sorotan lantaran mengunggah dan memviralkan meme Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang diedit selayaknya tokoh fiksi Joker.

WowKeren - Beberapa waktu belakangan rancangan Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) DKI Jakarta 2020 tengah menjadi sorotan publik. Pasalnya sejumlah kejanggalan ditemukan dalam berkas tersebut.

Belakangan kasus ini merembet ke sektor lain, termasuk "menyerang" Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Untuk diketahui, seorang dosen Universitas Indonesia bernama Ade Armando kedapatan mengunggah meme sang gubernur yang diedit selayaknya tokoh fiksi Joker.

Buntutnya, Ade pun dilaporkan ke Polda Metro Jaya dengan tuduhan pelecehan terhadap aparat pemerintahan. Adalah anggota DPD RI Fahira Idris yang melaporkan Ade ke kepolisian.

"Jadi, saya mewakili warga DKI Jakarta," kata Fahira ketika ditemui di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (4/11). "Di mana wajah dari Gubernur DKI Jakarta dengan baju resminya dirusak."

Pelaporan ini pun ditanggapi santai oleh Ade. Ia justru mengaku heran mengapa Fahira lah yang melaporkannya ke kepolisian, alih-alih Anies yang menjadi "korban" meme tersebut.

Kekinian Ade masih "diserang" usai mengunggah meme Anies Joker tersebut. Bahkan Ade juga harus menghadapi ancaman pemecatan dari institusi tempatnya bekerja. Pasalnya warganet kompak menyuarakan tagar pemecatan terhadap Ade.


Hal ini terbukti dari meroketnya tagar #UIPecatAdeArmando di Twitter pada Selasa (5/11) pagi. Selain itu ada pula kata kunci "Universitas Indonesia" yang juga masuk dalam urutan sepuluh besar Trending Topic tersebut. Dipantau pada pukul 07.15 WIB, keduanya sudah diramaikan dengan lebih dari tiga ribu cuitan terkait.

Photo-INFO

Bottom-INFO

Tak hanya itu, tuntutan pemecatan terhadap Ade ini pun diikuti dengan sebuah petisi daring di situs change.org. Adalah warganet dengan akun Nadine Olivia yang membuat petisi tersebut dan ditujukan kepada Universitas Indonesia.

"Dosen Fakultas Fisip Universitas Indonesia Dr. Ade Armando M.Sc sebagai seorang intelektual sering membuat gaduh karena pernyataannya yang selalu menyerang tokoh-tokoh Politik maupun Ulama," demikian kutipan pernyataan Nadine dalam petisinya. "Bahkan sering juga memberikan pernyataan yang cukup membuat pemeluk Agama Islam merasa resah karena pernyataannya."

"Kami berharap ada tindakan tegas dari Universitas Indonesia terkait oknum dosen ini," imbuhnya. "Yang sering membuat gaduh & berpotensi memecah belah kerukunan umat beragama di Indonesia dan menyerang secara personal kepada tokoh politik maupun ulama."

Dibuat pada Senin (4/11), petisi ini diteken oleh hampir empat ribu warganet. Di sisi lain, sebelumnya, Ade sudah pernah memberi klarifikasinya terkait meme tersebut. Menurutnya ia hanya mengunggah ulang meme yang ia temukan di media sosial.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait