Dewan Pengawas KPK Bakal Diisi Ahli Hukum, Ahok dan Antasari Azhar Ikut Disebut
Nasional

Mensesneg Pratikno menyebut Presiden Jokowi tengah mengkaji nama-nama yang bakal menjadi Dewan Pengawas KPK. Menurutnya besar kemungkinan Dewas KPK akan diisi oleh ahli hukum.

WowKeren - Polemik yang mengiringi revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK) masih bergulir hangat. Apalagi baru-baru ini Presiden Joko Widodo menyatakan batal menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) KPK demi menghormati proses yang berlaku di Mahkamah Konstitusi (MK).

Dengan demikian, UU KPK baru yang telah diundangkan menjadi landasan hukum resmi. Alhasil pasal-pasal di dalamnya pun harus dilaksanakan, termasuk terkait pembentukan Dewan Pengawas KPK.

Sedianya Dewas KPK bakal dipilih langsung oleh Jokowi. Sang presiden pun mengaku tengah mengkaji sosok-sosok yang bakal menempati posisi tersebut.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno pun ikut buka suara menanggapi Dewas KPK. Menurutnya Dewas KPK bakal diisi oleh banyak figur yang berlatar belakang hukum.

"Macam-macam, tentu saja ahli hukum yang akan banyak ya. Tapi juga ada non-hukum, ada dimensi sosialnya muncul," jelas Pratikno di Gedung Krida Bhakti, Jalan Veteran III, Jakarta Pusat, Senin (4/11). "Tapi belum dipastikan final. Sekarang masih listing (pendaftaran) lah."


Menurut Pratikno, Jokowi selalu meminta masukan dari berbagai pihak terkait dengan pembentukan Dewas KPK. Sedianya dewan beranggotakan lima orang ini akan dilantik pada Desember 2019, bersamaan dengan pimpinan KPK yang baru.

"Sementara ini Pak Presiden setiap saat ketemu, selalu meminta masukan kira-kira siapa," kata Pratikno, dilansir dari laman Detik News, Selasa (5/11). "Intinya kan mengawal kerja pimpinan KPK yang baru."

"Masukan berbagai pihak. Dewan Pengawas kan presiden masih banyak waktu," imbuhnya. "Nanti diangkat bersamaan dengan pimpinan KPK yang baru. Masih bulan Desember."

Isu soal calon anggota Dewas KPK pun ikut diramaikan oleh "ramalan" dan ekspektasi masyarakat. Hingga kini ada dua nama yang paling santer disebut bakal menjadi anggota Dewas KPK, yakni mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok dan mantan Ketua KPK Antasari Azhar.

Figur keduanya memang kerap disandingkan dengan Dewas KPK, bahkan sejak awal Oktober 2019 lalu. Namun kala itu berbagai pihak sudah membantah perihal bergabungnya Ahok dan Antasari sebagai anggota Dewas KPK. Tetapi kedua nama ini belakangan kembali disebut usai seorang warganet menggalang dukungan di media sosialnya.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait