Ini Klarifikasi PSSI Soal Kabar Pemain Timnas Indonesia Makan Daging Babi di SEA Games 2019
Nasional

Awalnya, kabar Timnas Indonesia tak sengaja makan daging babi muncul kala Direktur Media PSSI, Gatot Widakdo, diwawancara oleh media Filipina terkait SEA Games 2019.

WowKeren - Timnas Indonesia U-22 yang menjadi delegasi di SEA Games 2019 sempat dikabarkan tak sengaja mengonsumsi daging babi. Media-media di Filipina sebelumnya mengabarkan bahwa insiden tersebut terjadi di hotel tempat delegasi Indonesia menginap selama mengikuti gelaran SEA Games 2019.

Awalnya, kabar ini muncul kala Direktur Media PSSI, Gatot Widakdo, diwawancara oleh media televisi Filipina. Sedianya pewawancara bertanya tentang fasilitas SEA Games 2019 hingga berlanjut ke isu makanan halal dan non halal.

Kala menjawab pertanyaan terkait makanan, Gatot menyebut bahwa ia secara pribadi mengalami insiden salah ambil makanan. Tempat makanan yang biasanya berisi daging sapi beberapa hari sebelumnya mendadak berubah isi menjadi daging babi.

Setiap hidangan yang disajikan memang sudah dilengkapi dengan petunjuk nama makanan. Namun, Gatot kala itu tidak membaca lagi nama makanan lantaran hidangan yang terletak di pojok biasanya merupakan daging sapi.


Gatot pun meluruskan bahwa tidak ada pemain Timnas Indonesia yang beragama muslim mengalami insiden serupa. Ia hanya menceritakan tentang pengalaman pribadinya saja.

"Di hotel kami ada makanan halal dan non-halal, nah itu tidak dipisah. Tempatnya biasanya kan dipisah. Tidak ada pemain muslim Timnas U-22 makan babi. Ini cuma soal pemisahan makanan halal dan non-halal. Tandanya diperjelas," ungkap Gatot. "Ini di Jen Hotel. Makanannya enak. Ada Ikan Asap, udang, ikan, daging sapi di tengah. Di ujung tiba-tiba berganti, tapi dagingnya babi. Ada tulisan karena tidak melihat. Yang makan babi itu pemain non-muslim. Yang muslim makanan halal. Pemain muslim tidak ada makan babi."

Sementara itu, hal senada juga diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Soemantri. Ia menegaskan bahwa tidak ada personel Timnas Indonesia U-22 beragama muslim yang terindikasi mengonsumsi daging babi.

"Kita terus mengawasi dan mengingatkan mereka sejak kedatangan dari Indonesia," ujar Cucu dilansir laman resmi PSSI pada Kamis (28/11). "Jadi, tidak benar kalau ada yang memberitakan pemain kita makan babi."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait