Aman dan Terjangkau, Ini 8 Manfaat Luar Biasa Air Mawar Untuk Kecantikan
Lifestyle

Air mawar memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan dan berguna untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Mau tahu apa saja menfaat air mawar untuk kecantikan? Simak informasinya berikut ini.

WowKeren - Khasiat air mawar untuk kecantikan sudah tidak diragukan lagi. Air mawar sendiri dihasilkan dari penyulingan kelopak bunga mawar. Bahkan air mawar telah digunakan jauh sebelum pembentukan Kekaisaran Romawi ketika Cleopatra diyakini menggunakannya sebagai perawatan kecantikan.

Tak heran jika air mawar kerap digunakan untuk merawat kecantikan dan mengatasi berbagai masalah kulit. Hal ini disebabkan karena air mawar mampu bekerja meringankan masalah kulit karena memiliki senyawa phenolic, yakni bahan aktif yang bersifat antioksidan.

Air mawar menawarkan banyak sekali manfaat bagi kulit. Di antaranya adalah melembutkan kulit dan mencerahkannya secara alami. Untuk lebih lengkapnya, simak delapan manfaat air mawar untuk kecantikan berikut ini.

(wk/eval)

1. Jaga Keseimbangan pH Kulit dengan Menggunakan Air Mawar


Jaga Keseimbangan pH Kulit dengan Menggunakan Air Mawar

Dalam perawatan sehari-hari kita pasti tidak bisa lepas dari sabun, pembersih wajah dan berbagai produk kecantikan lainnya. Namun jika digunakan secara berlebihan, hal itu bisa mengganggu keseimbangan pH pada kulit, bahkan bisa berada di kisaran 4,5 hingga 6,2 yang membuatnya jadi sedikit asam.

Hal ini bisa memicu tumbuhnya bakteri yang menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat. Untuk mengatasinya, gunakan air mawar secara rutin pada wajah. Air mawar dapat membantu menyeimbangkan atau meningkatkan pH pada kulit menjadi normal hingga 5,5.

2. Ingin Menghambat Penuaan Dini? Gunakan Saja Air Mawar Secara Rutin


Ingin Menghambat Penuaan Dini? Gunakan Saja Air Mawar Secara Rutin

Sebuah penelitian menemukan bahwa air mawar dapat menghambat penuaan dini dengan cara mengurangi kemunculan garis halus dan kerutan di wajah. Hal ini dikarenakan air mawar mengandung antioksidan dan zat pelembab.

Selain itu, air mawar juga berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Sehingga air mawar bisa menghambat kerusakan kulit yang bisa membuat kulit lebih cepat tua dan keriput. Dengan demikian kulit bisa tetap sehat dan cantik.

3. Punya Banyak Jerawat yang Membandel? Coba Atasi dengan Air Mawar


Punya Banyak Jerawat yang Membandel? Coba Atasi dengan Air Mawar

Apa kamu memiliki kebiasaan memegang wajah? Jika iya, kuman-kuman dan bakteri akan menempel di kulit wajah yang memicu timbulnya jerawat. Nah untuk mengatasinya gunakan air mawar karena mengandung antiseptik yang dapat menangani masalah bakteri. Sehingga air mawar sangat berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Untuk merasakan manfaat tersebut, gunakan air mawar sebagai toner pada pagi dan malam hari. Caranya sangat mudah, yakni basahi kapas dengan air mawar lalu usapkan ke seluruh kulit wajah. Lakukan perawatan ini secara rutin dan rasakan perbedaannya.

4. Air Mawar Juga Berfungsi Untuk Mencerahkan Wajah Loh


Air Mawar Juga Berfungsi Untuk Mencerahkan Wajah Loh

Apa kamu bermasalah dengan wajah yang kusam dan gelap? Jika iya, kamu bisa mencoba menggunakan air mawar untuk mencerahkan wajah. Dengan demikian kamu tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam untuk membeli produk pencerah wajah yang mahal.

Cara mengaplikasikannya pun sangat mudah. Pertama campurkan air mawar dengan air lemon. Setelah itu aplikasikan pada kulit wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit agar bisa meresap dengan sempurna ke dalam kulit. Setelah itu bilas wajahmu dengan air bersih.

5. Ingin Mengatasi Peradangan Pada Kulit? Gunakan Saja Air Mawar Secara Rutin


Ingin Mengatasi Peradangan Pada Kulit? Gunakan Saja Air Mawar Secara Rutin

Ekstrak mawar memiliki kandungan penting berupa polifenol dan flavonoid yang memiliki sifat anti oksidan dan anti radang. Kandungan ini juga diketahui dapat mengurangi peradangan pada kulit, sehingga diduga bisa meredakan gejala penyakit eksim dan rosacea.

Selain itu, air mawar juga memiliki sifat inflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit akibat iritasi, jerawat dan berbagai masalah kulit lainnya. Sehingga jika kalian memiliki kulit sensitif gunakan air mawar untuk mengatasinya. Dengan demikian kulit yang meradang akan jadi tenang dan tidak semakin rusak.

6. Air Mawar Berguna Untuk Menghidrasi dan Menyegarkan Kulit


Air Mawar Berguna Untuk Menghidrasi dan Menyegarkan Kulit

Jika kamu memiliki kulit kering, kamu bisa menggunakan air mawar untuk melembabkannya sebab air mawar mampu menghidrasi kulit. Air mawar akan bekerja untuk menyegarkan kulit dengan mengendapkan pori-pori lalu menghidrasinya.

Air mawar bahkan mampu menyegarkan kulit hingga sepanjang hari. Sehingga kamu bisa membawanya kemanapun kamu pergi dan menggunakannya beberapa kali agar kulit selalu terasa segar dan lembab. Cara penggunaannya juga cukup mudah. Kamu bisa menjadikannya toner atau pembersih wajah alami. Selain itu kamu juga bisa menyemprotkan air mawar pada bagian kulit tubuh yang kering, seperti tangan dan kaki.

7. Penampilan Memburuk karena Mata yang Lelah? Atasi Saja Menggunakan Air Mawar


Penampilan Memburuk karena Mata yang Lelah? Atasi Saja Menggunakan Air Mawar

Apa penampilanmu terganggu karena mata yang terlihat lelah? Maka coba atasi itu dengan air mawar. Sifat anti inflamasi dan pendinginannya tidak hanya membuat kulit terasa segar, tapi juga dapat mengatasi bengkak, terutama di bawah mata. Caranya mudah, kompres mata dengan kapas yang sudah dibasahi dengan air mawar, lalu diamkan selama sekitar 20 menit.

Selain itu, aroma air mawar yang harum dan menenangkan juga mampu memperbaiki suasana hati. Menghirup air mawar bisa meredakan stres dan membuat tubuh jadi rileks. Hal ini disebabkan karena air mawar mampu mengurangi hormon kortisol yang menjadi hormon penyebab stres.

8. Ringankan Kulit yang Terbakar atau Sunburn dengan Menggunakan Air Mawar


Ringankan Kulit yang Terbakar atau Sunburn dengan Menggunakan Air Mawar

Apa kulitmu sering terbakar karena lupa mengenakan tabir surya? Jika iya kamu bisa meredakan kondisinya dengan air mawar. Air mawar akan menenangkan, menyembuhkan kulit terbakar dan mempercepat proses penyembuhan sunburn karena memiliki sifat pendingin.

Untuk mengatasi kulit terbakar dengan air mawar, kamu bisa menyemprotkannya secara langsung ke area yang bermasalah. Gunakan saat kamu merasa kondisi kulitmu memburuk. Lakukan perawatan ini dengan rutin dan kulitmu akan sembuh secara perlahan.

Demikian delapan manfaat air mawar untuk kecantikan yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengatahui manfaat baby oil untuk kecantikan. Selain itu kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui sejumlah manfaat minyak zaitun untuk kecantikan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait