Presiden Filipina Duterte Siap Gratiskan Tiket SEA Games 2019
Dunia

Presiden Filipina Rodrigo Duterte sampaikan keinginannya untuk menggratiskan tiket pertandingan SEA Games 2019 demi menyukseskan acara empat tahunan tersebut.

WowKeren - Pergelaran SEA Games 2019 mulai akan mulai diadakan pada hari ini Sabtu (30/11) di Filipina. SEA Games 2019 ini cukup menyita perhatian banyak pihak lantaran menjadi ajang olahraga empat tahunan yang sangat dinantikan di kawasan Asia Tenggara.

Presiden Filipina Rodrigo Duerte baru-baru menyampaikan rencananya untuk menggratiskan tiket menonton pertandingan SEA Games 2019. Rencana Presiden Duerte untuk menggratiskan tiket ini sebagai langkah untuk menyukseskan pagelaran multievent empat tahunan ini.

Rencana Presiden Duerte tersebut disampaikan oleh Ketua Komite Penyelenggara SEA Games Filipina (PHISGOC) Alan Peter Cayetano. Lebih lanjut, Cayetano menjelaskan jika nantinya semua pertandingan di SEA Games 2019 akan bebas biaya masuk. Walau begitu, ada tiga cabang olahraga yang yang tidak akan digratiskan yakni sepak bola, bola basket, dan bola voli.

Cayetano mengatakan rencana ini juga bertujuan agar masyarakat Filipina bisa menonton dan hadir langsung dalam acara SEA Games tanpa terkendala harga tiket. "Atas instruksi Presiden, untuk memastikan agar semua orang Filipina bisa menonton langsung dan dapat hadir di SEA Games, panitia memutuskan bahwa tiket pertandingan gratis," kata Cayetano.

Presiden Rodrigo juga menginstruksikan untuk menggratiskan tiket closing ceremony Sea Games 2019 yang akan diadakan di New Clark City, Capas, Tarlag pada Rabu (11/12) mendatang. Total adal 25 ribu tiket yang akan dibagikan PHISGOC. Sebanyak 10 ribu tiket gratis akan dibagikan PHISGOC untuk publik dan sebanyak 15 ribu tiket akan diberikan kepada para sukarelawan.


"Sampai hari ini, atas instruksi presiden, kami akan merilis 10.000 tiket ke publik (untuk upacara penutupan)," kata Cayetano. "Permainan juga akan memiliki tiket gratis kecuali yang ada tim Filipina bermain seperti bola basket, bola voli, dan sepak bola karena mereka sudah terjual habis."

"Ada 25.000 kursi untuk upacara penutupan. Jadi kami memeriksa berapa banyak sukarelawan yang akan datang karena secara tradisional mereka menghadiri itu," sambungnya. "Ini juga merupakan tanda terima kasih kami kepada mereka."

Sementara itu Kepala Operasional Ramon Suzara mengatakan jika PHISGOC akan memberikan keuntungan lainnya. Keuntungan ini diberikan kepada masyarakat yang sudah membeli tiket SEA Games 2019.

Masyarakat yang sudah terlanjur membeli tiket SEA Games di luar tiket pertandingan sepak bola, bola basket, dan bola voli akan mendapatkan lokasi terbaik saat menonton acara secara langsung. "Kami akan menempatkan mereka di lokasi terbaik karena mereka sudah membeli tiketnya," jelas Suzara.

Strategi tiket gratis dari PHISGOC ini tentunya patut diapresiasi. Pasalnya, ini merupakan langkah positif untuk menaikkan pamor Filipina yang sebelumnya dicap gagal menyelenggarakan SEA Games 2019 akibat maraknya keluhan dari masyarakat terkait pelayanan negara tersebut.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait