Rapat Dengan DPR, Erick Thohir Beberkan Fakta Mengejutkan Tentang BUMN Yang Beri Untung Besar
Nasional

Menteri BUMN Erick Thohir baru saja menggelar rapat dengan Komisi VI DPR RI Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, ia membeberkan fakta mengejutkan mengenai jumlah BUMN yang miliki keuntungan besar.

WowKeren - Komisi VI DPR RI Jakarta baru saja melakukan rapat kerja bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Dalam kesempatan tersebut, mereka juga membahas mengenai keuntungan yang didapat BUMN.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir membeberkan fakta mengejutkan. Kepada DPR, ia menyebutkan bahwa dari 142 BUMN yang ada di Indonesia, hanya 15 BUMN yang memberikan keuntungan besar kepada negara.

BUMN diketahui menyumbangkan keuntungan kepada negara mencapai Rp 210 triliun. Sayangnya, 76 persen dari pendapatan itu hanya berasal dari sebagaian kecil BUMN saja, yakni berjumlah 15 perusahaan.


Erick menjelaskan bahwa perusahaan pelat merah yang paling banyak menyumbangkan pendapatan bagi negara hanya berasal dari berbagai sektor saja. Mereka adalah BUMN yang bergerak di perbankan, telekomunikasi, minyak dan gas. "Nah ini yang tentu kita perlu antisipasi ke depan karena memang ke-15 perusahaan ini lebih banyak fokus di bidang perbankan, telkom, komunikasi, dan oil and gas," kata dia di ruang rapat Komisi VI DPR RI, Jakarta pada Senin (2/12).

Dari sektor-sektor tersebut, jika dikaitkan dengan perkembangan teknologi saat ini, dia tak tahu nasib industri perbankan 10 tahun ke depan. Sebab, saat ini perkembangan pembayaran digital atau fintech sangat pesat.

Melihat fenomena tersebut, Erick Thohir pun ingin memaparkan strategi jangka menengah dan panjang dari BUMN pada rapat selanjutnya. "Alasannya, karena kami di sini bersama wakil menteri niatnya bukan hanya sekadar menyelesaikan tugas yang kita juga tidak tahu apakah 2 tahun atau 5 tahun. Tapi bagaimana kita terapkan pondasi supaya ke depan siapa pun yang bisa jalankan bisa jalankan BUMN secara profesional transparan dan lebih baik," terang Erick.

Sementara itu, sebelumnya Sri Mulyani juga mengungkapkan bahwa ada tujuh BUMN yang merugi meski sudah mendapatkan suntikan dana dari pemerintah. Ketujuh BUMN tersebut adalah PT Dok Kodja Bahari, PT Sang Hyang Seri, PT PAL, PT Dirgantara Indonesia, PT Pertani, Perum Bulog, dan PT Krakatau Steel.

(wk/aros)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait