Netizen Yakin JR NU'EST Korban Manipulasi 'Produce 101' Season 2 Berdasarkan 'Bukti-Bukti' Ini
TV
Manipulasi Voting Seri Produce

Setelah jaksa mengungkap ada 1 member Wanna One yang debut karena peringkatnya ditukar, netizen Korea semakin yakin kalau JR NU'EST menjadi korban manipulasi voting 'Produce 101' season 2. Keyakinan mereka didukung dengan adanya 'bukti-bukti' ini.

WowKeren - Perkembangan terbaru penyelidikan kasus manipulasi voting seri "Produce" sukses mengejutkan banyak orang. Betapa tidak, jaksa mengungkap jika semua member X1 dan IZ*ONE serta 1 member Wanna One berhasil debut karena mendapat keuntungan dari manipulasi voting.

Media melaporkan bahwa PD Ahn Joon Young, CP Kim Yong Bum dan satu orang lagi berkumpul untuk menentukan semua member X1 dan IZ*ONE tanpa mempertimbangkan voting pemirsa. Sedangkan untuk 1 member Wanna One yakni trainee "D" berhasil debut karena peringkatnya ditukar dengan trainee "C". Sehingga trainee C terdepak dari Top 11 dan tidak berhasil debut sebagai anggota Wanna One.


Sehubungan dengan hal ini, laporan berita setempat berspekulasi jika trainee "C" yang dimaksud adalah Kim Jonghyun (JR NU'EST). Laporan tersebut berdasarkan kecurigaan netizen pada beberapa hal. Mereka bahkan mengklaim ada beberapa "bukti" yang bisa menguatkan kecurigaannya.

Pertama, netizen mengklaim jika JR yang seringkali berada di peringkat atas dan pertama, tiba-tiba peringkatnya turun banyak sebelum episode terakhir. Bagi netizen, hal ini cukup sulit untuk dipercaya.

"Sebelum siaran langsung, Kim Jonghyun berada di peringkat pertama di pengumuman peringkat. Tidak bisa dijelaskan bahkan untuk sekarang, bagaimana dia berakhir di peringkat 14," ujar seorang netizen.

JR NU\'EST \'Produce 101\' Season 2

Koreaboo

Netizen juga menunjukkan bagaimana wajah dan nama Jonghyun dimasukkan dalam gambar line debut yang salah. Seperti yang diketahui setelah final "Produce 101" season 2 digelar, staf mengumumkan para pemenang ajang ini di Facebook. Namun staf Mnet melakukan kesalahan dalam gambar yang dirilis.

Pasalnya dalam pengumuman itu Kang Dongho (Baekho) dan Kim Jonghyun (JR) NU'EST serta Kim Samuel berada dalam barisan debut. Sedangkan Yoon Jisung, Kim Jaehwan dan Ha Sungwoon tidak ada dalam pengumuman itu.

Tidak lama setelahnya tim produksi kembali merilis pengumuman baru dengan personil lengkap Wanna One. Mulai dari Kang Daniel, Yoon Jisung, Kim Jaehwan, Ha Sungwoon, Lai Guanlin, Park Woojin, Park Jihoon, Bae Jinyoung, Ong Sung Woo, Lee Dae Hwi serta Hwang Minhyun.

"Ketika anggota debut diumumkan, halaman Facebook resmi mereka mengunggah foto dengan JR yang termasuk dalam jajaran akhir. Dia jelas menjadi korban manipulasi," tulis netizen.

"Seseorang telah mengganggu kesempatan Kim Jonghyun untuk memenuhi mimpinya. Mnet mengumumkan bahwa mereka sedang bersiap untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka, sehingga mereka harus memberikan kompensasi kepada para korban juga. JR layak mendapat kompensasi," kata netizen yang lain.

Meski demikian, belum dikonfirmasi apakah trainee "C" yang dimaksud jaksa benar JR atau tidak. Pihak kejaksaan saat ini masih menyelidiki lebih lanjut kasus kontroversial ini. Sementara itu, sebelumnya CJ ENM mengumumkan bahwa mereka akan membuat keputusan akhir tentang masa depan X1 dan IZ*ONE pada akhir tahun ini.

You can share this post!

Related Posts