Netizen Sebut 'Produce 101' Berikan Berbagai Efek Buruk Ini terhadap Industri Musik
Musik

Salah satu efek buruk 'Produce 101' menurut netizen yang mempublikasikan postingan adalah pertumbuhan gga-bba/akgae yang semakin meresahkan akibat adanya ajang tersebut.

WowKeren - Meski sudah tak diadakan lagi, ajang survival Mnet "Produce 101" masih mendapat sentimen negatif dari sebagian netizen. Baru-baru ini, sebuah postingan di situs komunitas Theqoo membicarakan bagaimana acara tersebut memberikan efek buruk terhadap industri musik di Korsel.

Beberapa efek buruk "Produce 101" menurut netizen yang mempublikasikan postingan adalah pertumbuhan gga-bba/akgae (gga-bba secara harfiah berarti hate-stan, penggemar yang merupakan stan hardcore dari suatu grup/idol tetapi juga membenci mereka pada saat yang sama) "lagu baru XX payah tapi mereka adalah bayi yang sangat berharga dengan kepribadian yang baik", center, serta ending fairy.

"Aku telah mengikuti 'Produce' sedikit tapi sekarang setelah aku melihat kembali, aku menyadari betapa mereka telah mempengaruhi [industri] dalam waktu yang singkat... Aku merasa 'Produce' telah mengubah suasana [industri musik] secara mendasar," tulisnya.


Netizen tersebut juga menambahkan tangkapan komentar yang berbunyi, "Aku setuju, aku tidak bisa menyalahkan semuanya pada 'Produce', tapi aku dapat mengatakan bahwa mereka setidaknya membantu mempercepat tren ini", "Aku setuju dan aku benci ini", "Akgae benar-benar menjadi lebih parah... Di masa lalu, ketika kamu ditemukan menjadi akgae, kamu akan diserang" dan banyak lagi.

Postingan ini juga dikomentari oleh netizen lainnya. Tak sedikit pula dari mereka yang setuju dengan isi postingan.

"Mencoba mengingat 'Produce' membuatku semakin membencinya, itu sangat membosankan dan cringe," komentar netizen. "Memperarah akgae, terlepas dari ending fairy, iklan ulang tahun dan voting untuk iklan jadi semakin keterlaluan setelah 'Produce'..." kata netizen lainnya. "Memang benar suasana menjadi sangat berbeda sebelum dan sesudah 'Produce'," ujar yang lain.

"Dulu akgae dan gga-bba selalu diserang jadi diam, tapi sekarang jadi wabah," kata netizen. "Sejujurnya, ini benar, hehehehe. Gga-bba dan akgae memang semakin parah gara-gara 'Produce'," komentar yang lain. "Sejujurnya, untuk gga-ba, kamu harus menyalahkan [grup] SM lebih dari 'Produce'... Saat mereka memulai debut mereka, itu menjadi sangat parah, kekekeke. Tapi memang benar bahwa 'Produce' memperparah akgae," imbuh lainnya.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait