Birthday Spotlight: Happy Jin Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Jin merayakan ulang tahun ke-27 pada 4 Desember. Tim redaksi WowKeren mengulas tentang perjalanan karir member tertua BTS tersebut mulai dari pra debut hingga proyek masa depan.

WowKeren - Jin BTS (Bangtan Boys) merayakan ulang tahun ke-27 (perhitungan internasional) pada 4 Desember. ARMY (fandom) berhasil mengambil alih tren di seluruh dunia di Twitter untuk merayakan hari spesial idol yang kerap dijuluki "Worldwide Handsome" itu.

Segera setelah memasuki 4 Desember waktu Korea Selatan, ARMY dengan cepat menguasi 16 dari 20 tempat teratas trending topic global di Twitter dengan tagar seperti #JINDAY, #HappyJinDay, #TonightAndAlwaysWithJin, #HappyBirthdayJin dan banyak lagi. Kami dari tim redaksi WowKeren akan mengulas tentang perjalanan karir Jin mulai dari pra debut hingga proyek masa depan.


Jin yang terlahir dengan nama Kim Seokjin merupakan member tertua di BTS. Namun di keluarganya, ia adalah anak bungsu. Jin dikenal sebagai salah satu idol K-Pop dengan visual tampan. Selain visual, ia memiliki kepribadian menyenangkan dan selera humor tinggi yang membuatnya mampu menghidupkan suasana.

Yuk intip seperti apa perjalanan karir Jin BTS mulai pra debut hingga kini!

1. Pra Debut


Pra Debut

Jin BTS lahir 4 Desember 1992 di Gwacheon, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan. Keluarganya terdiri dari ibu, ayah dan kakak laki-laki. Ketika SMP, Jin diincar SM Entertainment, tapi ia menolak tawaran itu karena dikira penipuan. Karena ingin menjadi aktor, ia kuliah di Universitas Konkuk dan lulus dengan gelar dalam bidang seni dan akting pada 22 Februari 2017. Jin mendaftar di sekolah pascasarjana di Hanyang Cyber University untuk melanjutkan studi di bidang selain musik.

Ketika Jin masih di perguruan tinggi, ia di-casting perwakilan dari Big Hit Entertainment yang melihatnya turun dari bus. Selama menjadi trainee, Jin melakukan beberapa pemotretan sebagai model, termasuk untuk perusahaan kosmetik populer, Etude House Korea.

Pada tahun 2011, Jin mengunjungi Festival Film Internasional Jeonju, yang diadakan dari 28 April hingga 6 Mei. Sekelompok teman melihat Jin di jalan dan mengajaknya berselfie. Jin dengan ramah setuju dan mengambil banyak selfie dengan mereka. Saat itu mengenakan pakaian kasual dan kacamata hitam yang keren. Bisa dibilang Jin sudah terkenal bahkan sebelum debut dan itu karena wajah tampannya.

2. Debut


Debut

Jin bersama BTS melakukan debut pada 13 Juni 2013 melalui program musik Mnet "M Countdown". Ia debut sebagai salah satu dari empat vokalis BTS merilis album single debut bertajuk "2 Cool 4 Skool" dengan lagu utama "No More Dream".

Beberapa tahun setelah debut, J-Hope menceritakan bahwa Jin menangis di belakang panggung karena kesalahan yang ia lakukan ketika debut. Jin sendiri pernah menceritakan hal serupa dalam program radio yakni tentang celananya yang melorot selama panggung debut mereka.

"Aku punya alasan. Itu tidak apa-apa selama latihan, tapi ketika naik panggung untuk tampil di depan penonton, celanaku terus jatuh ketika aku harus melompat-lompat. Jadi aku menjadi sangat terganggu dan sisanya adalah sejarah," ungkap Jin.

Jin juga mengatakan bahwa ia merasa sedih karena melakukan kesalahan mengingat itu adalah penampilan pertama yang telah mereka persiapkan untuk waktu yang lama. Meski begitu ia memutuskan tidak akan mengingatnya lagi dan berkata, "Aku sudah menghapusnya jadi berhentilah membicarakannya."

3. Puncak Karir


Puncak Karir

Jin mencapai puncak karirnya bersama BTS dua tahun setelah debut mereka. Saat itu grup yang dipimpin RM (Rap Monster) tersebut memecahkan rentetan kemenangan EXO dengan meraih kemenangan pertama untuk "I NEED U" dari mini album "The Most Beautiful Moment in Life, Part 1" di "The Show" SBS tepatnya pada 5 Mei 2015.

BTS mengekspresikan rasa terima kasih mereka dengan memposting foto mereka dan piala kemenangan pertama mereka di Twitter. "Terima kasih! Karena kami terlalu gugup, kami tidak tahu harus berkata apa. Terima kasih banyak, ARMY (fandom BTS) untuk kemenangan pertama kami. Semua orang bekerja keras. Kami akan benar-benar menjadi keren. Aku mencintai kalian," tulis BTS.

Menyusul kemenangan pertama mereka sejak debut, BTS mendominasi Twitter melalui tagar # BTS1stWin dan berhasil menjadi tren pertama di dunia. BTS awalnya menghadapi masalah setelah mereka dituduh memanipulasi penjualan album terbaru mereka. Namun kemenangan ini langsung menghapus kecurigaan netizen.

Pada 2017, BTS mulai dikenal dunia dengan tur konser "The Wings Tour" mereka. BTS menghadiri Billboard Music Awards ke-24 pada Mei dan memenangkan Top Social Artist, menjadi grup Korea pertama yang dianugerahi Billboard Music Award. BTS semakin mendapat pengakuan dari dunia selama 2018 setelah merilis seri album "Love Yourself" diikuti tur dunia dengan tajuk yang sama. Tur konser "Love Yourself" berakhir pada Oktober 2019 dengan pencapaian luar biasa.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Jin tidak benar-benar berkarir solo mengingat tidak ada member BTS yang resmi debut secara individu. Namun ia telah merilis lagu solo sebagai bagian dari album BTS atau dirilis melalui SoundCloud di mana ia ikut berpartisipasi dalam prosesnya.

Jin merilis lagu pertamanya "Awake" dari album "Wings" pada 2016. Ia kemudian berkolaborasi dengan V dalam lagu "It's Definitely You" yang merupakan OST drama KBS "Hwarang" pada 2017. Lagu solo kedua "Epiphany" dirilis pada 9 Agustus 2018 sebagai trailer untuk album BTS "Love Yourself: Answer". Pada 4 Juni 2019, Jin merilis lagu independen pertamanya "Tonight" sebagai bagian dari BTS Festa 2019.

Selain bidang musik, Jin dikenal memiliki keterampilan membawakan acara yang bagus. Ia telah tampil beberapa kali sebagai co-host untuk acara penghargaan musik Korea, seperti Music Bank dan Inkigayo. Jin ditunjuk menjadi MC KBS Gayo Daechukje selama dua tahun berturut-turut (2017 dan 2018) bersama idol-idol lain seperti Chanyeol EXO.

Pada 2018, Jin dianugerahi Orde Kebaikan Budaya Hwagwan kelas lima oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae In bersama dengan member BTS lainnya. Ia juga masuk daftar sebagai idola ke-11 paling terkenal di Korea Selatan, melalui data yang dikumpulkan oleh perusahaan analitik Gallup Korea di tahun yang sama.

5. Kontroversi


Kontroversi

Kembali pada 2014, Jin tersandung kontroversi setelah netizen mendapati kondom di kamar asramanya. Saat itu Jin mengambil potret dirinya makan makanan yang telah dimasaknya. Di sudut ruangan, netizen melihat apa yang mereka pikir kotak kondom dan memicu kontroversi.

Ketika rumor yang berbeda mulai menyebar, Big Hit Entertainment mengklarifikasi bahwa kotak itu memang kotak kondom, dan Jin telah menerimanya sebagai hadiah dari penggemar. Meskipun netizen menganggap kontroversi itu negatif pada awalnya, opini publik tentang masalah ini perlahan berubah. Netizen akhirnya tidak menganggapnya sebagai masalah besar lagi.

Pada 2017, Jin menuai kritik karena dianggap tidak pengertian terhadap Solbin Laboum yang menjadi pasangan MC di "Music Bank" KBS. Saat itu adalah hari terakhir Solbin menjadi MC sehingga ia menangis. Namun Jin langsung mengambil alih bagiannya.

Menariknya, kritik langsung mengarah ke Solbin yang dianggap tidak sopan pada Jin. Kontroversi dipicu oleh Solbin yang membalas Jin dengan nada tidak formal dengan mengatakan, "Hei, Kim Seokjin!"

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Jin bersama BTS saat ini masih sibuk menyelesaikan jadwal akhir tahun di mana mereka akan menghadiri sejumlah festival musik yang diadakan stasiun TV Korea Selatan. Namun hampir pasti bahwa mereka akan comeback awal tahun depan meski belum diumumkan kapan tepatnya.

Tahun ini BTS membuat banyak prestasi luar biasa mulai dari tampil di Grammy Awards, mengadakan konser di Wembley hingga menyapu bersih semua Daesang atau penghargaan tertinggi di Melon Music Awards (MMA) dan Mnet Asian Music Awards (MAMA).

BTS diprediksi akan semakin sukses tahun depan dengan album baru yang sangat diantisipasi. Namun tahun depan Jin harus menjalankan dinas militer mengingat pemerintah Korea Selatan memutuskan tidak akan memberikan keringanan untuk idol berprestasi. Sebelum pergi wajib militer, para penggemar berharap Jin akan merilis lagu solo baru.

You can share this post!

Related Posts