Iis Dahlia 'Ngeles' Suami Pilot Tak Urusi Bagasi Isi Harley, Reaksi Pakar Penerbangan Mengejutkan
Instagram/isdadahlia
Selebriti

Iis Dahlia sempat dicibir karena dikira mengungkap kalau pilot tak wajib mengurusi bagasi. Disisi lain, pakar penerbangan Dudi Sudibyo pernah mengungkap salah satu kewajiban para pilot terkait keselamatan dalam penerbangan.

WowKeren - Iis Dahlia sudah mengungkap pendapat soal kabar suaminya, Satria Dewandono, terlibat kasus penyelundupan moge Harley dan Brompton yang dilakukan eks Dirut Garuda Ari Askhara. Meski membenarkan kalau Satria adalah pilot Garuda yang membawa Harley, namun Iis menolak membahas detilnya.

"Banyak media yg bertanya kepd sy perihal apakah betul suami sy yg membawa pswt yg dari toulouse ke jkt. Jwbannya iya.. dia slh satu crew yg aktif," kata Iis. "Namun jika ada yang ingin ditanyakan lbh dari itu silahkan menghubungi pihak yg berwenang dlm hal ini Garuda Indonesia karena bukan kapasitas saya sebagai istri dari suami saya utk menjawab. Semoga masalah ini cepat selesai jadi kami tidak terganggu dengan banyaknya pertanyaan sekitar masalah itu."

Iis bahkan sempat mengomentari kalau pilot tak mengurusi bagasi. Jawaban dari Iis ini menuai kontroversi lantaran mengetahui soal barang bawaan penumpang, isi bagasi dan kargo adalah salah satu kewajiban pilot terkait keamanan.


"Pilot WAJIB tau apa yg d bawa...apalagi itu hny bbrp org dan barang...kl iis ngomong gitu d ketawain para pilot dah," kata pemilik Facebook Agie Papahnya Chinzia via Katakita. "Pilot memang ngga ngurusin cargo mba iis yang baik hati. Tapi pilot itu wajib tahu barang apa saja yang di bawa di cargo pesawatnya. Jadi ngga mungkin kalau seorang kapten pesawat ngga tahu soal cargo ini. Apalagi ini penerbangan ferry flight (penerbangan tanpa penumpang karena membawa type pesawat baru). Dan pastinya juga ya menurut saya, para direksi ini juga yang memilih siapa pilot yang mereka tugaskan berkaitan dengan tujuan yang mereka lakukan ini," kata netter.

Sementara itu, pengetahuan pilot yang wajib tahu soal isi bagasi dan kargo sudah sempat diungkap oleh pengamat penerbangan Dudi Sudibyo. Saat diwawancara terkait kasus kecelakaan Lion Air JT610 di Karawang, Oktober 2018, Dudi menyebut kalau pilot harus memahami betul soal barang bawaan penumpang terutama yang bisa mempengaruhi titik imbang di pesawat.

"Pesawat itu memang sangat tinggi sekali regulasi. Baru mendarat itu mesti dicek (ada) keluhan apa tadi," kata pengamat penerbangan Dudi Sudibyo pada Grid.id. "Bukan itu saja, waktu dia masukin barang bagasi terus ada cargo, itu juga mesti tahu letak-letaknya. Itu mempengaruhi titik imbang di pesawat, kalau terjadi apa-apa dia tahu. Itu berpengaruh juga apakah pesawat penuh penumpang atau tidak, itu juga untuk menjaga stabilisasi keseimbangan titik imbang pesawat."

(wk/riaw)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait