Padahal Salah Besar! 7 Mitos Tentang Diabetes Ini Banyak Dipercayai Oleh Penderitanya
Health

Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita. Banyaknya informasi dan rumor yang berseliweran seputar penyakit ini justru membuat penderitanya sering salah kaprah.

WowKeren -

Diabetes adalah penyakit yang berlangsung lama atau kronis serta ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal. Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh.

Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita. Secara umum, diabetes dibedakan menjadi dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 terjadi karena sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang disebabkan oleh sel-sel tubuh yang menjadi kurang sensitif terhadap insulin, sehingga insulin yang dihasilkan tidak dapat dipergunakan dengan baik (resistensi sel tubuh terhadap insulin).

Banyaknya informasi dan rumor yang berseliweran seputar penyakit ini justru membuat penderitanya sering salah kaprah dan mempercayai anggapan yang salah. Nah berikut tim WowKeren rangkum mitos paling umum namun tidak benar seputar penyakit diabetes. Mitos ini nyatanya dipercaya banyak orang di Indonesia loh, yuk disimak!

(wk/putr)

1. Diabetes Sering Dianggap Bukan Penyakit Yang Serius


Diabetes Sering Dianggap Bukan Penyakit Yang Serius

Meski tergolong penyakit kronis, diabetes masih bisa dikontrol dan diatasi dengan benar. Akan tetapi tetap saja, diabetes menyebabkan lebih banyak kematian dibandingkan kanker payudara dan AIDS jika dijumlahkan. Dengan begini diabetes bisa digolongkan sebagai penyakit yang cukup serius.

Namun, didiagnosis terkena diabetes bukan berarti langsung menjadi akhir hidup kalian. Kalian masih bisa, menjalani sisa umur yang panjang dan normal seperti biasanya. Tapi perlu diingat hal ini hanya bisa terjadi jika kalian mengubah gaya hidup, pola makan, dan kesadaran akan kesehatan.

2. Diabetes Disebabkan Terlalu Makan Makanan Manis


Diabetes Disebabkan Terlalu Makan Makanan Manis

Makanan manis, terutama gula, nyatanya bukan penyebab pasti diabetes. Sebetulnya, gula pada makanan yang manis adalah penyebab kelebihan berat badan, yang merupakan salah satu faktor utama penyakit diabetes tipe 2. Orang yang kelebihan berat badan cenderung senang memakan banyak makanan manis.

Akan tetapi bukan berarti makanan manis adalah satu-satunya penyebab. Makanan lain yang juga memicu kegemukan adalah junk food dan makanan lainnya yang mengandung karbohidrat tinggi. Gula memang tidak baik untuk diabetes karena dapat meningkatkan gula darah, namun begitu juga dengan makanan lain yang dapat dengan cepat terpecah ke dalam glukosa di dalam darah, seperti pasta, roti putih, mie, dan nasi putih.

3. Penderita Diabetes Lebih Mudah Terkena Flu Dan Demam


Penderita Diabetes Lebih Mudah Terkena Flu Dan Demam

Diabetes tidak menyebabkan kalian mudah terserang penyakit menular. Namun, jika terserang flu, segeralah obati dengan baik karena pengidap diabetes cenderung lebih rentan menderita komplikasi flu. Jika kalian sudah mengidap diabetes selama beberapa bulan, dan kemudian suatu hari dokter meminta untuk menggunakan insulin, itu berarti kalian tidak mengontrol diabetes dengan baik.

Saat pertama kali kalian didiagnosis mengidap diabetes, gula darah kalian seharusnya dapat tetap terkontrol dengan diet, olahraga dan/atau pengobatan yang membantu tubuh untuk menyerap glukosa. Selain itu, penderita diabetes juga dianjurkan mengubah gaya hidup, terutama bagi diabetes tipe 2.

4. Tidak Boleh Berolahraga Ketika Menderita Diabetes


Tidak Boleh Berolahraga Ketika Menderita Diabetes

Jika kalian menggunakan insulin atau obat-obatan untuk meningkatkan produksi insulin di tubuh, kalian memang harus konsultasi dulu dengan dokter olahraga apa yang aman. Namun, pada dasarnya semua orang harus olahraga, termasuk penderita diabetes.

Obat yang diberikan pada orang dengan diabetes tipe 2 seperti metformin dan sitagliptin tidak menyebabkan kadar gula yang rendah sama sekali, tak peduli seberapa sering dan seberapa keras kalian berolahraga. Faktanya, olahraga justru sangat penting untuk mengontrol diabetes tipe 2, sekaligus untuk mengurangi berat badan.

5. Hanya Orang Gemuk Yang Bisa Menderita Diabetes


Hanya Orang Gemuk Yang Bisa Menderita Diabetes

Berat badan berlebih bukanlah faktor utama penyebab diabetes. Ada faktor lain, misalnya riwayat keluarga, yang juga memerankan bagian yang penting. Sayangnya banyak orang mengesampingkan faktor risiko lainnya tersebut dan hanya fokus pada kegemukan saja.

Padahal kenyataannya sebagian orang gemuk tidak mengidap diabetes tipe 2, dan banyak penderita diabetes tipe 2 memiliki berat badan normal atau hanya sedikit gemuk. Ada banyak orang yang kelebihan berat badan tapi tidak mengidap diabetes tipe 2 seumur hidupnya, dan banyak pula orang dengan berat badan normal yang mengidap diabetes tipe 2.

6. Penderita Diabetes Hanya Boleh Makan Makanan Khusus Untuk Diabetes


Penderita Diabetes Hanya Boleh Makan Makanan Khusus Untuk Diabetes

Pola makan yang sehat untuk penderita diabetes pada dasarnya sama dengan pola makan sehat untuk siapapun yakni rendah lemak jenuh, garam dan gula yang tidak berlebihan, protein daging tanpa lemak, sayur-sayuran, gandum, dan buah-buahan. Makanan khusus diabetes pada umumnya tidak memberikan manfaat yang lebih, tetap meningkatkan gula darah, dan bahkan pada kenyataannya seringkali lebih mahal.

Kalian masih boleh memakan cake, hanya saja dalam porsi kecil, dan pastinya harus berhati-hati untuk tidak makan makanan manis lainnya jika sudah melahap sepotong cake. Memakan makanan manis 2-3 kali seminggu bukanlah suatu masalah, tapi tentunya jangan setiap hari.

7. Pengobatan Dengan Insulin Adalah Indikasi Diabetes Sudah Parah


Pengobatan Dengan Insulin Adalah Indikasi Diabetes Sudah Parah

Bagi sebagian besar orang, diabetes khususnya tipe 2 adalah penyakit yang berkembang secara progresif. Penyakit apapun dapat membuat diabetes lebih sulit dikendalikan, dan penderita diabetes yang terkena flu dapat menyebabkan komplikasi lainnya yang lebih serius.

Ketika pertama kali didiagnosa mungkin saja tingkat gula darahnya dapat dikendalikan dengan pengobatan oral. Tapi seiring waktu, tubuh akan memproduksi lebih sedikit insulin sehingga pada akhirnya pengobatan oral tidak lagi cukup. Penggunaan insulin untuk mencapai tingkat gula darah yang sehat adalah hal baik, dan bukan sesuatu yang buruk.

Intip Juga yuk beberapa cara untuk mengontrol diabetes di sini. Intip juga beberapa menu yang aman untuk penderita diabetes di sini.

You can share this post!

Related Posts