Putra-Menantu Jokowi Maju Pilkada, Puan: Keputusan di Tangan Megawati
Nasional
Wacana Gibran Jadi Wali Kota Solo

Puan Maharani turut buka suara terkait pencalonan wali kota putra sulung dan menantu Presiden Jokowi melalui PDIP. Ketua DPR itu mengatakan jika keputusan terakhir akan tetap ada di tangan Megawati selaku ketua umum partai.

WowKeren - Putra sulung sekaligus menantu Presiden Joko Widodo diketahui telah mendaftarkan diri untuk masuk ke dalam bursa pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020. Di manan Gibran Rakabuming Raka akan maju untuk menjadi calon Wali Kota Solo dan Bobby Nasution akan maju di Pilkada Medan.

Keduanya diberitakan telah mendaftar melalui PDIP. Merespon hal tersebut, Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengatakan, Gibran dan Bobby akan mengikuti mekanisme yang ada di partai seperti fit and proper test.


“Tentu saja karena masuknya dari PDIP, akan ikuti mekanisme fit and proper yang ada di PDIP," ujar Puan, Sabtu (14/12). "Kalau kami atau PDIP menyatakan lulus kemudian siap untuk ikut dalam mekanisme tersebut."

Lebih lanjut, Puan mengatakan jika jalan Gibran dan Bobby untuk maju di Pilwalkot Solo dan Medan tidak akan mendapatkan kemudahan. Pasalnya mereka tetap harus melalui proses kaderisasi PDIP. “Jadi mereka sudah punya kartu anggota PDIP,” katanya.

Sementara itu, saat ini PDIP Solo telah menjagokan pasangan Pramono-Teguh dan di Medan juga ada kandidat inkumben yang merupakan kader PDIP, yakni Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution. Menurut Puan, keputusan terakhir nantinya akan ada di tangan Ketua Umum (Ketum) partai berlogo banteng tersebut, yakni Megawati Soekarnoputri.

Puan menambahkan jika Megawatilah yang bakal memutuskan siapa yang bakal diusung PDIP di Solo dan Medan. “Rekomendasi ada di ketua umum. Mereka berdua kalau mendapat rekomendasi nanti yang akan kita dorong maju pilkada,” ungkapnya.

Sebelumnya telah diberitakan Gibran telah mendaftar ke DPD PDIP Jateng untuk maju di Pilkada Solo. Gibran mendapatkan hambatan setelah gagal daftar ke PDIP Solo. Sebab, PDIP Solo telah menunjuk Purnomo dan Teguh.

Sementara Bobby juga telah mendaftar ke PDIP Medan untuk mendapatkan rekomendasi maju Pilwali Medan. Nasib keduanya kini tergantung Megawati Soekarnoputri.

You can share this post!

Related Posts