Heboh Pengguna Tol Layang Japek BAK Sembarangan, Menteri PUPR Buka Suara
Nasional

Sebuah video viral menunjukkan seorang pengendara di Tol Layang Japek II yang buang air kecil (BAK) sembarangan lantaran terjebak macet, sedangkan tol tak dilengkapi rest area.

WowKeren - Berbagai kontroversi terus mengiringi penggunaan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II usai dibuka scara resmi beberapa waktu lalu. Salah satunya adalah perihal kemacetan yang dirasakan oleh sebagian besar pengguna tol layang tersebut.

Masalah kemacetan ini pun tak berhenti sampai di situ. Pasalnya pengguna tol terpaksa harus buang air kecil (BAK) sembarangan di tepi jalan. Pasalnya jalanan begitu macet namun tak ada rest area yang disediakan di tol tersebut.

Keberadaan pengguna jalan yang sampai BAK sembarangan ini terungkap lewat berbagai video yang beredar viral di media sosial beberapa haru belakangan. Menanggapinya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pun angkat bicara.

Basuki menegaskan permasalahan kemacetan yang terjadi telah dikoordinasikan dengan pihak kepolisian melalui Korlantas Polri serta Kementerian Perhubungan. Padatnya lalu lintas ini pun, jelas Basuki, menjadi pelajar tersendiri bagi pihaknya untuk mempersiapkan mudik Lebaran 2020.


Kendati demikian, secara tersirat, Basuki tampak enggan disalahkan sepenuhnya bila sampai ada pengguna yang terpaksa BAK sembarangan karena macet. Pasalnya ada tiga aspek yang harus diperhatikan di bidang transportasi, yakni prasarana, regulasi, dan perilaku.

"Kalau ada yang buang air itu saya kira itu perilaku," ujar Basuki ketika dijumpai awak media di Kantor KemenPUPR, Senin (23/12). "Walaupun memang karena macet."

Sebab menurutnya, jarak tempuh dalam kondisi normal di Tol Japek II hanya memerlukan waktu 15 menit. Hal ini sesuai dengan panjang jalur yang hanya 36 kilometer.

"Nah ini kan baru pertama kali, kita belum tahu perilaku hariannya," jelas Basuki, dilansir oleh CNBC Indonesia. "Sama saja nanti ini menjadi pelajaran untuk mudik yang lebih besar lagi nanti."

Selain perihal kemacetan, Tol Japek II elevated ini juga menuai beragam kritikan lain. Seperti sambungan jembatan yang tidak nyaman untuk dilewati sehingga menimbulkan efek kejut, jalan bergelombang, serta jalan aspal ada genangan air.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru