Tak Bisa Diolah Sembarangan, Ikuti 7 Tips Ini Untuk Memasak Ikan Salmon Agar Lezat dan Menyehatkan
Kuliner

Ikan salmon memiliki banyak sekali nutrisi baik yang bermanfaat untuk kesehatan. Namun jika tidak dimasak dengan benar, kandungan gizinya akan berkurang atau bahkan hilang. Karena itulah, sebaiknya simak 7 tips ini untuk memasak ikan salmon.

WowKeren - Ikan salmon dikenal sebagai salah satu jenis ikan yang memiliki banyak sekali nutrisi penting yang bermanfaat untuk kesehatan. Di antaranya adalah kandungan omega-3 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Ikan ini juga kaya akan vitamin dan mineral serta antioksidan yang dapat membantu melindungi sistem kekebalan tubuh dari berbagai penyakit.

Namun memasak ikan salmon bukan perkara mudah. Sebab ikan ini memiliki tekstur yang cenderung lunak sehingga lebih mudah hancur jika dibandingkan dengan jenis ikan yang lain. Jika tidak dimasak dengan tepat, kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya bisa berkurang. Malah bisa-bisa kandungan lemaknya semakin bertambah banyak.

Karena itulah penting untuk mengetahui cara memasak ikan salmon yang baik dan benar. Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti jika ingin memasak ikan salmon agar lezat dan kandungan gizinya tetap terjaga.

(wk/eval)

1. Jangan Lupa Mencabut Duri dan Jangan Membuang Kulitnya Sebelum Dimasak


Jangan Lupa Mencabut Duri dan Jangan Membuang Kulitnya Sebelum Dimasak

Sebelum memasak ikan salmon, pastikan bagian durinya sudah dicabut, bahkan sampai yang bagian terkecil. Selain itu perhatikan juga bagian kulitnya. Pastikan bagian kulit masih menempel di dagingnya karena rasanya sangat lezat.

Hindari membeli salmon fillet tanpa kulit. Karena kulit salmon yang berlemak akan melindungi dagingnya saat terkena panas wajan secara langsung. Dengan demikian, kita bisa memasaknya dengan menghindari overcooking.

2. Sebelum Dimasak, Perhatikan Cara Mencuci Salmon yang Benar Ini


Sebelum Dimasak, Perhatikan Cara Mencuci Salmon yang Benar Ini

Cara mencuci salmon pun harus dilakukan dengan baik. Sebaiknya cuci ikan ini dalam keadaan utuh saat belum dipotong-potong. Setelah dibersihkan, hilangkan sisik dan bagian dalam perutnya. Jika sudah selesai silahkan potong salmon menjadi beberapa bagian.

Jika terlalu banyak terkena air, rasa daging salmon yang juicy akan menghilang. Karena itulah proses pembersihannya harus dilakukan dengan hati-hati menggunakan kedua tangan. Setelah dibersihkan, daging salmon yang perlu dikeringkan bisa dilap saja. Hindari menyiramnya dengan terlalu banyak air agar tidak menghancurkan tekstur dagingnya. Setelah dibersihkan dan kering, simpan daging salmon menggunakan plastik wrapping di freezer jika tidak ingin langsung mengolahnya.

3. Masak Ikan Salmon dengan Cara Dibakar Jika Ingin Rasanya Tetap Lezat dan Sehat


Masak Ikan Salmon dengan Cara Dibakar Jika Ingin Rasanya Tetap Lezat dan Sehat

Ikan salmon sangat cocok bila dimasak dengan cara dibakar. Jika dibandingkan dengan jenis ikan lain, daging salmon yang lunak akan lebih cepat matang dan tidak mudah hancur saat dibakar. Selain itu, ikan salmon yang dipanggang dinilai lebih sehat karena kita tidak perlu menambahkan lebih banyak lemak tambahan, kecuali untuk mengolesi panggangan.

Karena itu, cukup panggang salmon selama 10 hingga 15 menit jika ingin menghasilkan tesktur yang gurih. Agar rasanya lebih juicy, beri sedikit perasan jeruk nipis di atas daging salmon saat memanggangnya. Jika ingin asupan gizinya semakin maksimal, jangan lupa menambahkan beberapa jenis sayuran seperti timun atau paprika.

4. Merebus, Salah Satu Cara Mudah Dalam Memasak Ikan Salmon


Merebus, Salah Satu Cara Mudah Dalam Memasak Ikan Salmon

Di antara cara mudah untuk memasak ikan salmon adalah dengan merebusnya. Sebab kamu hanya harus menenggelamkannya ke dalam panci berisi air dan merebusnya selama 10 menit atau hingga matang. Teknik ini akan membuat tekstur daging salmon jadi jauh lebih lembut dan lunak.

Yang harus kamu perhatikan, gunakan sedikit air untuk merebus salmon tapi tetap usahakan agar dagingnya terendam air. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah daging salmon hancur saat diolah karena teksturnya yang terlalu lunak. Saat memasaknya kamu bisa menambahkan beberapa bahan pelengkap seperti asparagus, salad kentang dan sebagainya. Dengan demikian, sup ikan salmon yang kamu masak akan lezat dan tetap sehat.

5. Ingin Memanggang Daging Salmon? Sebaiknya Masak dengan Cara Ini Ya


Ingin Memanggang Daging Salmon? Sebaiknya Masak dengan Cara Ini Ya

Jika ingin memanggang daging salmon, kamu bisa memasaknya dalam keadaan utuh atau sudah dipotong. Hal ini disebabkan karena metode memanggang sangat menyehatkan. Sebab kamu tidak perlu menambahkan asupan lemak atau kalori ke dalam daging ikan salmon.

Proses pemanggangan ikan salmon sendiri cenderung lebih lama jika dibandingkan dengan metode memasak lainnya. Kamu membutuhkan waktu sekitar 20 sampai 39 menit dalam oven, tergantung suhu panggangan. Tambahkan sedikit minyak zaitun atau perasan jeruk nipis ke atas daging salmon agar rasanya lebih lezat dan sehat.

6. Ini yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Memasak Ikan Salmon dengan Cara Dikukus


Ini yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Memasak Ikan Salmon dengan Cara Dikukus

Metode mengukus yang biasanya digunakan untuk membuat pepes juga bisa diterapkan untuk memasak ikan salmon. Sama halnya dengan teknik merebus, kamu harus memperhatikan banyaknya air yang digunakan untuk mengukus. Sebab air yang terlalu banyak dapat menyebabkan munculnya banyak uap yang membuat tekstur ikan salmon hancur karena terlalu lunak.

Karena itu gunakanlah air secukupnya dan tidak usah berlebihan. Tambahkan bumbu-bumbu pilihan saat mengukus salmon agar menghasilkan citarasa yang lezat dan menyehatkan.

7. Salmon Kalengan Juga Bisa Memberi Banyak Nutrisi Jika Dimasak dengan Benar


Salmon Kalengan Juga Bisa Memberi Banyak Nutrisi Jika Dimasak dengan Benar

Beberapa orang mungkin takut jika salmon kalengan memiliki nutrisi yang lebih sedikit dibandingkan dengan daging salmon segar. Apalagi jika makanan itu sudah ditambah dengan bahan pengawet yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Tapi tenang dan jangan khawatir. Sebab kualitas ikan salmon kalengan tidak akan menurun dalam waktu seminggu, bahkan saat kamu lupa memasaknya. Hal ini dikarenakan nutrisi pada ikan salmon kalengan akan tetap terjaga selama kamu menyimpannya dengan cara yang tepat.

Untuk itu, kamu harus memperhatikan kunci pentingnya yakni dengan memilih bahan-bahan yang tepat. Campur salmon kalengan dengan bahan-bahan makanan segar, seperti roti gandum, selada dan irisan tomat. Sebaiknya jangan menambahkan mayonaise atau keju untuk mencegah penambahan kalori pada salmon.

Demikian tujuh tips memasak ikan salmon agar tetap lezat dan sehat. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips memasak sayuran agar tetap enak dan sehat. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai kesalahan paling umum yang dilakukan ketika memasak.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel