Pemerintah Siap Ganti Ijazah-Akta Rusak Korban Banjir Secara Gratis
Nasional

Arsip Nasional RI (ANRI) siap memberikan layanan restorasi dan perawatan segala bentuk dokumen korban terdampak banjir Jabodetabek. Bahkan layanan ini akan diberikan secara cuma-cuma tanpa dipungut biaya.

WowKeren - Pemerintah melalui Arsip Nasional RI (ANRI) menawarkan layanan restorasi atau perawatan segala bentuk dokumen pribadi atau keluarga yang terdampak bencana banjir di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Berdasarkan unggahan yang ada di laman resminya, ANRI juga akan melindungi dan menyelamatkan arsip pascabencana di seluruh Indonesia secara gratis.

Adapun arsip keluarga yang bisa diperbaiki tersebut adalah akte perkawinan, akte kelahiran, kartu keluarga, Kartu Tanda Penduduk (KTP), sertifikat tanah, ijazah dan dokumen lainnya. Meski begitu, syarat utama untuk mengembalikan dokumen yang rusak menjadi seperti semula itu harus merupakan arsip yang asli, tidak dalam bentuk fotocopy atau laminating.

Sedangkan untuk mendapatkan layanan tersebut, arsip keluarga bisa dibawa langsung oleh pemiliknya ke kantor pusat ANRI di Jalan Ampera Raya nomor 7, Cilandak, Jakarta Selatan. "Tiap keluarga maksimal 10 lembar dan bisa ditunggu," bunti syarat dari ANRI.


Selain itu, lewat akun resminya di Twitter @ArsipNasionalRI, mereka menyebutkan jika warga yang ingin melakukan restorasi arsip keluarga bisa juga mendatangi kantor Badan Nasional Penangggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Jakarta, Jawa Barat, Bogor, dan daerah lainnya.

Sekedar informasi, program restorasi dokumen atau arsip rusak karena bencana ini berawal dari tahun 2004 ketika terjadi bencana Tsunami yang menimpa Aceh dan Nias. Bencana Tsunami yang terjadi pada 26 Desember 2004 silam merupakan bencana besar, yang tidak hanya menghilangkan nyawa dan material, tetapi sebagian besar arsip ikut hanyut dan hilang. Pada tahun 2013, ANRI juga mulai memberikan layanan perbaikan akibat bencana banjir kepada masyarakat di wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Tanggerang secara gratis.

Tak hanya ANRI, Bank Indonesia (BI) memastikan bahwa mereka bisa menukarkan uang rusak akibat banjir Jabodetabek, baik ke bank sentral, maupun ke bank pemerintah atau swasta terdekat. "Bisa untuk rupiah, bisa melalui bank terdekat atau BI terdekat," terang Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dilansir CNN Indonesia pada Jumat (3/1).

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait