Keraton Agung Sejagat Bikin Heboh, Bupati Purworejo Merasa Berterima Kasih
Twitter/aritsantoso
Nasional

Keraton Agung Sejagat sempat menjadi buah bibir di dunia maya. Meski begitu, Bupati Purworejo tak menampik jika hal tersebut dapat mengangkat nama daerahnya.

WowKeren - Munculnya Keraton Agung Sejagad menggemparkan jagad maya beberapa waktu terakhir. Pasalnya, kerajaan tersebut mengaku telah mengklaim kekuasaan seluruh negara di dunia dan memiliki keterkaitan dengan Kerajaan Majapahit.

Meski begitu, Bupati Purworejo Agus Bastian mengucapkan terima kasihnya kepada inisiator Keraton Agung Sejagat. Karena, dengan adanya keberadaan kerajaan tersebut secara tak langsung mengangkat nama daerah Purworejo.

"Saya malah justru berterimakasih sama apa namanya, sama itu Pak Totok atau sinuhun Raja Keraton Sejagat itu," kata Agus lansir Kumparan, Selasa (14/1). "Dengan adanya dia (Totok), maka Kabupaten Purworejo jadi terangkat, dikenal seantero nusantara."

Lebih lanjut, Agus mengaku jika saat ini dirinya masih berada di luar kota sehingga ia belum mendapatkan banyak informasi soal hasil penyelidikan yang dilakukan jajarannya terhadap kelompok yang sedang viral itu. "Tim dari kesbangpol tadi sudah bergerak. Tapi saya belum dapat laporan terbarunya," terangnya. "Kita selidiki dulu lah jangan langsung apriori."

Agus juga meminta agar masyarakat tak terlalu serius menanggapi kemunculan Keraton Agung Sejagat itu. Sebab pihaknya masih menyelidiki kelompok tersebut.


"Jangan serius-serius lah, itu kan juga bagus karena sampai sekarang saya sudah ditanyai teman-teman dari Papua, Sulawesi dan lainnya tentang kebenaran ini," tegasnya. "Saya bilang sekalian, kalau mau tahu ya datang ke Purworejo."

Agus menegaskan jika pihaknya masih berupaya mencari tahu kebenaran dan tujuan dari munculnya kelompok tersebut. Namun, pihaknya tidak menampik bila adanya kehebohan ini justru memberi keuntungan secara tidak langsung bagi Purworejo.

"Kebetulan tahun 2020 (program) kami kan menggalakkan wisata ke Purworejo," ungkapnya. "Jadi ini secara tidak langsung mendorong upaya kami juga."

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sempat angkat bicara mengenai keberadaan keraton ini. Ia meminta agar dinas terkait termasuk Pemerintah Kabupaten Purworejo untuk menjalin komunikasi dengan pimpinan keraton.

"Sebaiknya kalau ada bicara dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar kemudian bisa diketahui," kata Ganjar, Senin (13/1). "Syukur-syukur perguruan tinggi yang bisa mendampingi, sehingga seluruh dokumen, riset kalau ada, baik juga untuk didiskusikan agar itu (keraton) akan bisa teruji secara ilmu pengetahuan."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru