Parto dan Denny Cagur Dituding Hina Profesi Satpam
Instagram
Selebriti

Tudingan penghinaan profesi satpam disampaikan langsung oleh Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJPI). Pihak ABUJPI pun melayangkan somasi untuk Parto cs.

WowKeren - Komedian Parto dan Denny Cagur baru-baru ini dituding telah menghina profesi satpam. Tudingan itu bermula saat keduanya melontarkan candaan di acara "Opera Van Java" pada 17 Januari lalu.

Dalam episode tersebut, "Opera Van Java" menampilkan Parto dan Denny yang beradu akting bersama salah satu pemain pria yang mengenakan atribut satuan pengamanan atau satpam. Parto dan Denny diduga menggunakan atribut satpam sebagai candaan. Atribut satpam dan lontaran lelucon yang disampaikan itu pun dinilai telah menghina profesi satpam di seluruh Indonesia.


Tudingan penghinaan profesi satpam ini disampaikan langsung oleh Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJPI). Ketua Biro Advokasi Satpam Indonesia, Bonny Andalanta Tarigan menyatakan Parto dan Denny bersalah atas candaannya itu.

"Akhirnya itu kami teliti, kami lihat tayangannya. Menurut kami tidak sesuai lah dengan apa yang digambarkan terkait dengan profesi satpam itu sendiri," kata Bonny saat menggelar jumpa peres di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (22/1). "Ini tidak bisa dibiarkan, ini harus kami sampaikan langkah hukum kepada pihak-pihak yang terkait. Kami melihat ada suatu pelanggaran terhadap profesi satpam."

Bentuk pelanggaran itu adalah sebagai penghinaan, pencemaran nama baik atau merendahkan martabat. Pihak ABUJPI menyayangkan candaan Parto dan Denny.

"Pelanggaran apa itu, ya berbentuk bisa dikatakan penghinaan, bisa dikatakan pencemaran nama baik atau merendahkan martabat," lanjut Bonny. "Jadi sekali lagi kami fokusnya untuk menghambat kebebasan berpendapat itu sendiri tetapi kita prihatin dengan kondisi ini, dimanfaatkan. Ini profesi yang sangat serius menurut kita."

Diakui Bonny, profesi satpam adalah pekerjaan yang masih dalam lindungan Polri. Karena itu, tidak sembarangan orang bisa menghina pekerjaan tersebut.

"Kami di asosiasi ini sangat bekerja keras untuk menaikkan martabat profesi satpam. Tapi disisi lain ada pihak-pihak tertentu yang menghambat kinerja itu," tambah Bonny. "Jadi itu kami mau sampaikan ke mereka dan langkah hukum yang kami ambil sangat persuasif saya rasa."

Karena itu, pihak ABUPJI melayangkan somasi untuk Parto, Denny dan tim produksi "Opera Van Java". Jika tidak direspon, maka pihaknya akan menempuh upaya hukum.

"Itu semua akan kami tempuh jika tidak ada tanggapan. Arahan dari Ketua Umum sudah jelas," terang Bonny. "Bahwa ini akan diproses sampai kita mendapatkan suatu jawaban yang dapat meluruskan persepsi, dapat meluruskan permasalahan, jalan tengahnya seperti apa, begitu."

(wk/diah)

You can share this post!

Related Posts