Birthday Spotlight: Happy Kang Seung Yoon Day
Selebriti

Birthday Spotlight Pekan Ini Mengulas Tentang Salah Satu Member Winner, Kang Seung Yoon Yang Berulang Tahun Pada 21 Januari Lalu. Penyanyi Tampan Itu Berusia 26 Tahun Menurut Perhitungan Internasional

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk mengulas salah satu member Winner (II), Kang Seung Yoon yang berulang tahun pada 21 Januari kemarin. Tim WowKeren akan membahas secara mendalam tentang perjalanan karir penyanyi tampan ini.

Kang Seung Yoon dikenal sebagai Seungyoon atau Yoon, adalah penyanyi-penulis lagu Korea Selatan, penari, produser rekaman, aktor, dan leader boy grup Winner. Pada tahun 2010, ia berpartisipasi dalam kontes menyanyi televisi "Superstar K2" dan selesai di tempat keempat.

Pada Januari 2011, ia menjadi trainee di bawah naungan YG Entertainment dan melanjutkan debutnya sebagai artis solo pada Juli 2013 dan sebagai pemimpin Winner pada Agustus 2014. Bagaimanakah perjalanan karir sosok yang satu ini? Yuk intip ulasan yang telah tim WowKeren rangkum berikut!

(wk/putr)

1. Pre Debut


Pre Debut

Kang Seung Yoon lahir di Busan, Korea Selatan, pada 21 Januari 1994. Dia belajar bermain gitar saat menduduki bangku SMP. Ketika dia berada di tahun terakhir SMP, dia mengambil pelajaran gitar dan biliar klasik, kemudian menjadi perwakilan regional untuk biliar.

Pada 2010, Seung Yoon menjadi kontestan ajang Mnet, "Superstar K2". Dia sukses menempati posisi ke-4, setelah merilis dua single bertajuk "I'll Write You a Letter" and "Instinctively". Setelah sukses awal dengan "Superstar K2", Kang Seung Yoon akhirnya menandatangani kontrak dengan YG Entertainment pada 12 Januari 2011.

Seung Yoon kemudian berpartisipasi dalam program survival besutan YG Entertainment, "WIN: Who Is Next". Program ini akan melibatkan dua tim trainee YG yakni tim A dan tim B yang akan bersaing satu sama lain untuk mendapatkan kesempatan debut di akhir seri. Dalam episode ketujuh dari WIN: Who Is Next, Seung Yoon menggantikan rekan satu grupnya Song Min Ho sebagai leader "Tim A".

2. Debut


Debut

Pada 20 Juni 2013, Yang Hyun Suk mengumumkan di YG Life bahwa Seung Yoon akan memulai debutnya sebagai artis solo dengan single "Wild and Young" yang dikomposeri oleh Teddy Park. Pada 15 Juli, diumumkan bahwa debut Seung Yoon akan ditunda dan hari berikutnya, single lain dari mini album mendatang berjudul "It Rains" dirilis sebagai gantinya.

"It Rains" mencapai all-kill dengan mendapat tempat di nomor satu di semua sembilan grafik real-time utama di Korea. Pada tanggal 31 Juli, "Wild and Young" dirilis dengan dua lagu utama yang akan dipromosikan pada bulan Agustus dan September. Promosi langsung single ini dimulai pada 4 Agustus di Inkigayo.

Pada tanggal 14 Agustus, single kedua Seung Yoon "Stealer" dirilis. Usai menerima kesuksesan sebagai artis solo, Seung Yoon akhirnya bergabung dengan acara survival "WIN: Who Is Next" untuk debut bersama grup.

Pada 25 Oktober, diumumkan bahwa tim yang digawangi Seung Yoon telah memenangkan seri dan akan debut sebagai Winner. Kelompok ini tampil sebagai tindakan pembuka dome tur Jepang Big Bang yang dimulai pada 15 November, dan membuat debut resmi mereka sendiri pada 12 Agustus 2014 dengan lagu bertajuk "Empty".

Pada tahun yang sama, Seung Yoon dan sesama anggota Mino berpartisipasi dalam proyek Bulanan Yoon Jong Shin dan merilis lagu "Wild Boy". Selain itu, Seung Yoon juga diketahui aktif sebagai aktor dan telah membintangi banyak drama.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Seung Yoon diketahui berada di puncak karier ketika Winner merilis lagu bertajuk "Really Really" pada tahun 2017. Di dalam negeri, "Really Really" meraih posisi nomor satu di Gaon, sementara juga debut di No. 3 di Billboard World Digital Song Sales, menandai posisi terbaik grup hingga saat ini.

"Really Really" juga terpilih untuk masuk dalam daftar "Best of the Week" Apple Music. Lagu itu terus melanjutkan dengan menciptakan rekor melampaui 100 juta streaming dan menjadikan Winner grup idola pria pertama dalam sejarah yang mencapai ini sambil mempertahankan status "Chart-In" mereka.

Sebagai bagian dari promosi mereka, Winner mengadakan showcase "showroom" konsep selama tiga hari, dari tanggal 2 hingga 4 April, berlokasi di Club NB di Seoul. Pada tanggal 31 Mei, mereka merilis single Jepang debut mereka, yang berisi lagu Jepang "Really Really" dan "Fool". Pada tanggal 4 Agustus, Winner melakukan comeback dengan album tunggal Our Twenty For termasuk single utama, "Love Me Love Me" dan "Island".

Melanjutkan prestasi, "Love Me Love Me" dipilih oleh Dazed Digital sebagai salah satu dari 20 lagu K-Pop terbaik tahun 2017. Pada 17 Juni, Winner berhasil mengadakan fan meeting mereka, "WWIC 2018", 3 tahun sejak panggung pribadi terakhir mereka di tahun 2015. Total 6.000 tiket terjual habis.

Pada 4 Juli, Winner mengumumkan tur dunia pertama mereka, Di mana saja, dimulai di Seoul pada 19 Agustus, diikuti tujuh perhentian di seluruh Asia. Tur dilanjutkan kembali pada Januari 2019 dengan tur encore di Seoul. Bulan yang sama, Winner membuat tur Everywhere mereka ke tur Amerika Utara yang dimulai dengan Seattle, mengikuti enam kota lain termasuk Los Angeles, Dallas, dan Toronto.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Selain dikenal sebagai penyanyi dan member Winner. Kang Seung Yoon juga diketahui membintangi banyak drama. Pada 2015, Seung Yoon membintangi sebagai pemeran utama pria dalam drama web "We Broke Up", bersama rekan satu agensinya Sandara Park. Drama 10 episode itu ditayangkan dari 29 Juni hingga 17 Juli melalui Naver TV Cast.

Pada Desember 2016, Seung Yoon kembali membintangi drama web bertajuk "Love for a Thousand More" bersama sesama anggota Winner Kim Jin Woo. Drama web ini merupakan produksi bersama CJ ENM, YG Entertainment, dan YGKPlus. Seung Yoon juga merilis soundtrack untuk drama itu berjudul "You".

Pada bulan yang sama, ia bergabung dengan para pemeran variety show SBS Flower Crew sebagai pembawa acara reguler. Pada tahun 2017, Seung Yoon membintangi drama kriminal komedi tvN bertajuk "Prison Playbook". Seung Yoon dan Mino juga merilis sebuah soundtrack untuk drama tersebut berjudul "Door".

Pada tahun 2018, Seung Yoon menyanyikan OST untuk film Korea, "Golden Slumber". Pada tahun 2019, Seungyoon berpartisipasi dalam MBC "Show that Rewrites the Charts, What No No. 1 Right Now?" Dan membawakan lagu Haebaragi "With Love" dan mendapatkan tempat pertama.

5. Kontroversi


Kontroversi

Selama karirnya, Kang Seung Yoon dikenal sebagai artis yang bebas kontroversi. Ia tak pernah tersandung skandal apapun baik kencan maupun pelanggaran hukum. Namun, skandal YG Entertainment turut membuat keadaannya dan Winner sulit.

Pada Oktober 2019 lalu, Winner merilis mini album ketiga mereka bertajuk "CROSS". Perilisan album ini sekaligus sebagai penanda comeback Winner. Sebelum acara perilisan album tersebut, Winner mengadakan press conference di CGV Cheongdam Cine City, Seoul.

Lewat wawancara ini mereka berbagi cerita bagaimana perjuangan mereka dalam merilis album terbarunya itu. Terlebih saat ini agensi yang menaungi mereka yakni YG Entertainment tengah mengalami beberapa skandal baik yang menimpa artisnya maupun founder dari salah satu agensi terbesar di Korea Selatan itu.

Tentu saja kontroversi ini juga mempengaruhi persiapan para member untuk merilis album ini. Bahkan mereka sering membaca beberapa berita terkait dengan skandal YG Entertainment. Namun dukungan yang terus diberikan fans menjadi suntikan semangat di comeback kali ini.

"Memang masalah ini membuat kami cukup takut. Kami juga membaca beberapa artikel dan melihat reaksi orang-orang," kata Kang Seung Yoon selaku leader dari grup ini. "Untungnya, kami memiliki kesempatan untuk bertemu penggemar kami secara konsisten dan kami mampu bertahan berkat mereka."

Kang Seung Yoon mengaku proses pembuatan album ini terbilang cukup rumit. Pasalnya mereka harus lebih banyak bertemu dengan sutradara video musik terkait dengan konsep yang tepat.

"Kami harus melakukan semuanya sendiri. Ada banyak adegan yang tidak konvensional dalam video musik, jadi kami memiliki banyak pertemuan tentang apakah ini sudah benar," lanjutnya. "Bahkan kami sampai melakukan enam kali pertemuan dengan sutradara musik."

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Winner saat ini sedang disibukkan dengan jadwal tur konser dunia mereka bertajuk "Cross Tour". Winner dijadwalkan mendatangi 7 negara di Asia dalam tur konser tersebut. Negara-negara tersebut antara lain Seoul pada 26-27 Oktober 2019, Taipei 24 November 2019, Indonesia 21 Desember 2019, Bangkok 11 Januari 2020, Kuala Lumpur 18 Januari 2020, Manila 25 Januari 2020 dan yang terakhir Singapura pada 8 Febuari 2020.

Masih belum ada informasi apapun mengenai comeback Winner atau bahkan comeback Kang Seung Yoon sebagai penyanyi solo. Kang Seung Yoon juga masih belum memberikan rencana untuk kembali membintangi drama.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru