Semprotan Untuk Sterilkan WNI Wuhan Jadi Sorotan, Ini Penjelasan Kemenkes
Nasional

Warganet tengah menyoroti proses sterilisasi warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, Tiongkok. Tak sedikit dari mereka yang mempertanyakan cairan disinfektan yang digunakan.

WowKeren - Pemerintah telah berhasil mengevakuasi 245 warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok. Usai tiba di Tanah Air, para WNI itu lantas disemprot dengan cairan pada saat menuruni pesawat.

Tentunya hal ini menjadi sorotan warganet. Tak sedikit dari mereka yang menebak jika cairan tersebut adalah alkohol, adapula yang merasa heran dengan langkah pembersihan tersebut.

Momen tersebut diabadikan dengan foto dan video yang beredar di media sosial. Dalam postingan tersebut memperlihatkan para petugas yang menyemprotkan cairan ke para WNI yang turun dari tangga pesawat.

Cairan itu berasal dari tabung yang digendong petugas berpakaian khusus warna kuning. Ada tulisan di tabung tersebut yang bertuliskan alkohol. Namun, alkohol tersebut bukanlah yang digunakan untuk mabuk.

"Itu ngawur, itu bukan 'alkohol' itu yang ada tulisannya alkohol. Mana ada disemprot alkohol yang bikin mabuk? Itu pakai disinfektan," kata Sekretaris Setditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Achmad Yurianto, Minggu (2/2).

Semprotan Untuk Sterilkan WNI Wuhan Jadi Sorotan, Ini Penjelasan Kemenkes

Twitter


Disinfektan sendiri merupakan bahan kimia (seperti lisol, kreolin) yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran oleh jasad renik, atau juga obat untuk membasmi kuman penyakit. "Fungsinya mematikan bakteri dan virus yang menempel," terang Achmad. "Itu memang dibuat untuk manusia, untuk disemprotkan ke orang."

Disinfektan ini sebenarnya sering digunakan untuk membersihkan lantai. Namun disinfektan yang disemprotkan ke WNI adalah disinfektan khusus untuk manusia.

"Sama saja, tapi diberi aroma yang enak lah, daripada ke mana-mana bau pel-pelan," tutup Achmad. "Itu ada yang bau jeruk kek, bau mawar kek, bau yang enak lah."

Sementara itu, komentar-komentar yang dilontarkan oleh netizen pun beragam. Tak sedikit yang merasa prihatin melihat aksi sterilisasi tersebut.

"Kok sy nangis lihat ini ya.. kebanyakan Adik2 pelajar dan masih sangat muda2, semangaaat yaa.. setelah semua normal nanti kembali lagi kesana," komen @w*****ti. "kok sedih ya lihatnya pas di semprot2 gitu," imbuh @met*******2.

Namun, adapula netizen yang turut menyindir terkait prosedur yang dilakukan pemerintah ini. "Kemarin ratusan WNA dr china yg dateng ke sumbar ga diginiin. Malah disambut pake tarian daerah..," ujar @y******t. "“Tutup matanya tutup,, sambil jalan” Ntar nabrak pak...," kata @m********an.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru