Birthday Spotlight: Happy Kyuhyun Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Kyuhyun Super Junior yang merayakan ulang tahunnya yang ke-32 (33 tahun menurut hitungan Korea) pada 3 Februari.

WowKeren -

Ulang tahun para idol menjadi momen yang spesial tak hanya bagi idol itu sendiri tapi juga penggemar mereka. Berbagai cara dilakukan penggemar untuk merayakan momen ulang tahun sang idola mulai dengan berdonasi, memasang iklan di lokasi-lokasi yang populer dan strategis sampai sekedar membuat tagar khusus dan menjadikannya trending topic di Twitter.

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Kyuhyun Super Junior yang merayakan ulang tahunnya yang ke-32 (33 tahun menurut hitungan Korea) pada 3 Februari. Ulang tahun kali ini menjadi ulang tahun keempat belas yang dirayakan pemilik nama lengkap Cho Kyuhyun itu sebagai idol.


(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Kyuhyun lahir di Nowon-gu, daerah di bagian utara Seoul. Ayahnya, Cho Younghwan, bekerja di Perusahaan Perumahan Korea sebelum membuka lembaga bimbingan belajar sementara sang ibu, Kim Hanna, membuka bisnis akademi seni serta penginapan di Myeongdong. Kyuhyun juga memiliki seorang kakak perempuan, Ara, seorang pemain biola yang pernah belajar di Wina, Austria.

Awalnya Kyuhyun diminta untuk melanjutkan pendidikan di bidang hukum oleh orangtuanya, namun ia memilih menjadi penyanyi setelah menyadari bakat menyanyi yang dimilikinya. Kyuhyun meraih juara ketiga di Kompetisi Menyanyi Chin Chin dan masuk SM Entertainment pada 2005. Sang ayah yang sebelumnya menentang akhirnya luluh setelah Kyuhyun juga diterima di Universitas Kyunghee jurusan Post-Modern Music.

2. Debut


Debut

Kyuhyun debut sebagai member baru atau member ke-13 Super Junior pada 2006 lewat single bertajuk "U". Bergabungnya Kyuhyun ini juga menandai dijadikannya Super Junior sebagai grup permanen dari yang awalnya merupakan grup rotasi. "U" sukses membawa Super Junior menjadi grup rookie yang paling diantisipasi.

Di tahun yang sama, Kyuhyun menyanyikan soundtrack drama "Hyena" berjudul "The Night Chicago Died" dan "The One I Love" bersama Yesung dan Ryeowook. Proyek ini kemudian menandai awal terbentuknya sub-unit Super Junior - K.R.Y yang beranggotakan mereka bertiga.

3. Puncak Karir


Puncak Karir

Setelah merilis album kedua berjudul "Don't Don" pada 2007, Super Junior merilis album ketiga, "Sorry, Sorry" pada 2009 yang menjadi momen di mana popularitas mereka mencapai puncak sejak debut. Lagu "Sorry, Sorry" membuat nama mereka dikenal di seluruh dunia, terutama Tiongkok dan Asia Tenggara.

Pada 2008, Kyuhyun juga debut sebagai personel sub-unit Super Junior - M yang berfokus pada aktivitas di Tiongkok dan merilis lagu-lagu berbahasa Mandarin. Setahun setelah debut, Super Junior - M merilis title track berjudul "Super Girl" yang juga meraih sukses tak hanya di negara sendiri tapi juga di luar negeri.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Kyuhyun merilis lagu solo berjudul "Listen to You" pada Januari 2010 yang merupakan soundtrack untuk drama "Pasta" namun ia baru resmi merilis album solo pertama bertajuk "At Gwanghwamun" pada November 2014. Kyuhun juga menjadi bagian dari SM the Ballad bersama Jay TRAX, Jonghyun SHINee serta Jino yang debut pada November 2010.

Kyuhyun menandai penampilan pertamanya di musikal dengan membintangi "The Three Musketeers" pada Desember 2010 sampai Januari 2011. Kyuhyun juga membintangi beberapa judul musikal lainnya seperti "Catch Me If You Can" pada 2012, "Moon Embracing the Sun", "Singin' in the Rain" dan "The Days" pada 2014, "Robin Hood" pada 2015, "Werther" pada 2015-2016 dan yang terbaru, "The Man Who Laughs" pada 2020.

Di luar musik dan musikal, Kyuhyun juga aktif di variety show dengan memandu acara "Radio Star" serta membintangi "New Journey to the West". Kyuhyun juga tampil di beberapa variety show lainnya seperti "Fluttering India", "Salty Tour" dan "Kang's Kitchen".

5. Kontroversi


Kontroversi

Salah satu episode "Radio Star" yang tayang pada September 2013 menjadi pembicaraan lantaran mendiang Goo Hara menangis saat mereka membicarakan mantan kekasihnya. Kyuhyun kemudian membuat Hara marah dengan menyebutnya "dating-dol" serta berkata, "Kalau akun membuka mulut, Hara pasti sudah habis."

Episode ini membuat Hara menuai banyak kritikan dari para netizen, namun sebagian dari mereka juga mengkritik Kyuhyun yang dinilai kelewat batas. Kyuhun juga pernah ditimpa kontroversi lainnya menyangkut Yang Se Hyung.

Yang Se Hyung bercerita kalau ia diminta memandu pernikahan teman Kyuhyun dan saat acara selesai, ia melihat Kyuhyun dan temannya membawa 4 lembar uang 50 ribu won tanpa amplop. Kyuhyun berdalih kalau uang bayaran tersebut jumlahnya 20 lembar pecahan 50 ribu won.

Yang Se Hyung minta ditraktir minum sebagai gantinya, namun Kyuhyun tak pernah mengontak. Kyuhyun balik menyerang dengan berkata kalau Yang Se Hyung terlihat mabuk saat tiba di lokasi pernikahan. Perdebatan mereka ini membuat publik menilai Kyuhyun tak sopan.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Kyuhyun membuka 2020 dengan membintangi musikal berjudul "The Man Who Laughs" di mana ia memerankan tokoh Gwynplaine. Ia juga baru saja comeback bersama Super Junior lewat album repackage bertajuk "Timeless".

Selain itu, Kyuhyun juga masih akan menjalani kegiatan grup di mana Super Junior bakal menyapa para penggemar di seluruh dunia lewat konser "Super Show 8". Tak menutup kemungkinan pula Kyuhyun akan merilis album dan menggelar konser solo tahun ini.

You can share this post!

Related Posts