Oscar 2020: Joaquin Phoenix Menang Aktor Terbaik, Hampir Nangis Kenang River Phoenix
Film

Joaquin Phoenix berhasil memenangkan penghargaan Oscar pertamanya sebagai Aktor Terbaik. Dalam pidatonya, ia hampir menangis saat mengenang mendiang sang kakak, River Phoenix.

WowKeren - Academy Awards ke-92 atau Piala Oscars 2020 yang merupakan ajang penghargaan dunia perfilman tertinggi telah selesai diadakan di Dolby Theatre, Los Angeles pada Senin (10/2) pagi. Dalam acara ini, sejumlah nama telah dinobatkan sebagai pemenang, salah satunya adalah Joaquin Phoenix.

Joaquin Phoenix berhasil meraih piala Oscar pertamanya setelah menang dalam kategori Aktor terbaik lewat film "Joker". Ia menyingkirkan keempat nominasi lainnya, yaitu Adam Driver ("Marriage Story"), Antonio Banderas ("Pain And Glory"), Leonardo DiCaprio ("Once Upon A Times In Hollywood"), dan Jonathan Pryce ("The Two Popes").

Dalam pidatonya, tunangan Rooney Mara ini memberikan pesan menyentuhnya terkait isu kemanusiaan. Ia mengingatkan pentingnya saling mendukung dan berterimakasih atas kesempatan kedua yang diberikan orang-orang yang menghadiri acara tersebut. Bahkan, ia turut meminta maaf atas kepribadiannya selama ini yang diungkapkannya sebagai pria egois, kejam dan tidak ramah.

"Aku pernah menjadi bajingan dalam hidupku. Aku egois. Kadang-kadang aku kejam, sulit diajak bekerja sama, dan aku bersyukur bahwa banyak di antara kalian di ruangan ini yang memberiku kesempatan kedua," kata Joaquin dalam pidatonya, Senin (10/2). "Dan saya pikir saat itulah kita dalam kondisi terbaik, ketika kita saling mendukung."


"Bukan ketika kita membatalkan satu sama lain karena kesalahan masa lalu, tetapi ketika kita saling membantu untuk tumbuh, ketika kita mendidik satu sama lain, ketika kita membimbing satu sama lain lain menuju penebusan," sambungnya. "Itu adalah yang terbaik dari kemanusiaan."

Mengakhiri pidatonya, Joaquin hampir meneteskan air mata saat dirinya mengenang mendiang sang kakak, River Phoenix. Dengan mata berkaca-kaca dan suara yang tercekat, ia membagikan pesan menyentuh dari sang kakak yang selama ini selalu diingatnya.

Joaquin Phoenix Menang Best Actor

Twitter

Pesan tersebut rupanya berasal dari lirik lagu yang ditulis River kala masih berusia 17 tahun. "Ketika dia berusia 17 tahun, saudara lelaki saya menulis lirik ini. Dia berkata, 'Lari ke penyelamatan dengan cinta, dan kedamaian akan mengikuti'," tutup Joaquin yang langsung disambut dengan standing ovation seisi ruangan.

Dengan kemenangan ini, Joaquin berhasil menjadi aktor kedua yang berhasil memenangkan piala Oscar setelah memerankan karakter Joker. Sebelumnya, almarhum Heath Ledger berhasil menang kategori Aktor Pendukung Terbaik lewat perannya sebagai Joker dalam film "The Dark Knight" arahan sutradara Christopher Nolan pada 2009 silam.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru