Diberi Bantuan Rp 30 Miliar, Wali Kota Bogor Sanjung Gubernur Anies Soal Penanganan Banjir
Nasional
Banjir Jakarta 2020

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengungkapkan bahwa Gubernur DKI Anies telah menggelontorkan dana sebesar Rp 30 miliar untuk mengatasi banjir dari wilayah Kota Bogor yang menjadi kawasan hulu.

WowKeren - Banjir masih menjadi persoalan yang kerap terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. Salah satu wilayah yang paling sering disorot akibat banjir adalah kawasan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sendiri dipuji oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto terkait upayanya dalam menangani banjir. Arya pun mengungkapkan bahwa Anies telah menggelontorkan dana sebesar Rp 30 miliar untuk mengatasi banjir dari wilayah Kota Bogor yang menjadi kawasan hulu.


"Saya apresiasi Mas Anies yang sudah komitmen untuk memperhatikan sektor hulu," tutur Arya dalam rilis survei Indo Barometer di Jakarta Selatan pada Minggu (16/2). "Kita dibantu Rp 30 miliar untuk buat kolam retensi, untuk buat sumur resapan."

Meski demikian, Arya mengaku bahwa dirinya sempat menganggap Anies kurang banyak aksi dalam mengatasi permasalahan banjir tahun lalu. Namun, karena kini telah menggelontorkan uang Rp 30 miliar, Anies pun dinilai telah beraksi mengatasi persoalan banjir ini.

"Tahun lalu kita kritisi karena gubernur terlalu banyak rapat tapi kurang action," terang Arya. "Tapi sekarang sudah action karena sudah turun Rp 30 miliar tadi."

Sementara itu, Arya sendiri sepakat dengan Anies yang menilai bahwa persoalan banjir ini harus dilakukan secara bersama-sama alias kolektif. Semua masalah harus ditangani, mulai dari hulu ke hilir.

"Ini urusan kolektif. Ada Menteri PUPR di situ, ada Bupati Bogor di situ, ada Wali Kota Bogor di situ, ada forum Jabodetabek di situ," pungkas Arya. "Menurut saya, bukan tanggung jawab Gubernur DKI Jakarta sendiri."

Di sisi lain, hasil survei Indo Barometer sendiri menyebut bahwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dinilai lebih berhasil mengatasi banjir ketimbang Anies. 42 persen responden memilih Ahok, sedangkan yang memilih Anies hanya 4,1 persen.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts