Wiranto Temui WHO, Tegaskan Indonesia Bebas Virus Corona Bukan Asal Bicara
Instagram
Nasional
Wabah Virus Corona

Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto bertemu dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan menegaskan jika Indonesia memang bebas dari virus corona.

WowKeren - Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto melakukan pertemuan dengan perwakilan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan sejumlah pihak lainnya untuk membahas perkembangan virus corona atau COVID-19. Dalam pertemuan tersebut, Wiranto juga membahas terkait Indonesia yang hingga saat ini masih bebas dari penyebaran virus corona.

"Hari ini kami mengundang para tokoh mempunyai kompetensi terhadap virus corona," ujar Wiranto usai pertemuan tertutup di kantor Wantimpres, Jalan Veteran, Jakarta Pusat pada Senin (17/2). "Dari Kemnekes, perwakilan WHO, lembaga penelitian molekuler Eijkman yang juga sangat interest terhadap meneliti dari virus corona ini."


Wabah virus corona sendiri saat ini telah mengguncang dunia dan dilaporkan sudah menewaskan lebih dari seribu orang. Virus mematikan ini diketahui pertama kali muncul di pasar ikan dan hewan Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok yang sekarang sudah mulai menyebar ke berbagai negara.

Disaat sejumlah negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura telah terkena virus corona, Indonesia justru menyatakan masih bebas dari wabah ini. Belum adanya virus corona yang masuk ke Tanah Air sempat membuat WHO serta sejumlah ahli kesehatan mencurigai jika Indonesia tidak bisa mendeteksi virus corona.

Wiranto lantas angkat berbicara mengenai banyaknya pihak yang meragukan jika Indonesia benar-benar terbebas dari virus corona. Ia menegaskan jika Pemerintah Indonesia tidak asal berbicara saja saat mengklaim jika tidak ada satupun kasus virus corona di Tanah Air.

"Dari pertemuan ini beberapa hal. Kita paham bahwa ada pernyataan dari pejabat terkait masalah ini bahwa dari hasil pemeriksaan spesimen dari perlengkapan atau kit kita yang sudah begitu canggih," tegas Wiranto. "Kita dapat menyampaikan bahwa di Indonesia saat ini belum ada kasus corona yang dilaporkan."

"Tentu ini bukan asal bicara tapi merupakan hasil usaha yang maksimal, hasil penelitian yang maksimal," sambung Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Kemananan (Menko Polhukam) ini. "Suatu usaha yang maksimal dari pihak terkait bagaimana kita memitigasi corona di Indonesia."

Wiranto menyatakan jika bebasnya Indonesia dari virus corona semata-mata karena kinerja pemerintah yang telah melakukan antisipasi dengan baik. "Memang banyak pihak yang menyangsikan 'apa benar sih bahwa kita zero?' tadi dalam pertemuan sudah terjawab bahwa memang kesangsian itu dapat terhapus tatkala pihak pemerintah Indonesia dengan cepat dan tepat telah menangani ini dengan baik," pungkasnya.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts