Megawati Pidato 'Jangan Paksa Anak Maju Politik', Gibran Rakabuming Tak Merasa Disindir
Nasional

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sempat berpidato tentang pihak yang mendorong keluarganya maju dan bersaing di dunia politik meskipun mereka belum siap. Gibran pun menanggapi.

WowKeren - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sempat menyampaikan prediksi politiknya dalam 5 tahun ke depan. Hal ini disampaikan Megawati kala memberikan orasi di hadapan para bakal calon kepala dan wakil kepala daerah yang diusung PDIP dalam Pilkada 2020.

"Ini saya titip pesan. Nanti, ini kan ada hal yang sangat berubah di perpolitikan Indonesia ini. Satu, 2024 akan terjadi regenerasi," tutur Megawati pada Rabu (19/2). "Benar, kira-kira ini sudah fading away. Yang mesti maju itu, yang didorong itu anak-anak muda."

Selain itu, Megawati juga sempat berbicara tentang persoalan politik dinasti. Presiden RI ke-5 tersebut menyindir pihak-pihak yang mendorong keluarganya maju dan bersaing di dunia politik meskipun mereka belum siap.

"Tapi berhentilah, kalau kalian punya anak, anaknya itu enggak bisa, jangan dipaksa-paksa. Jengkel loh saya," ujar Megawati. "Lah iya loh, ngapain sih, kayak enggak ada orang. Kader itu ya anak kalian juga, gimana ya? Kalau enggak anakne, kalau enggak istrine, kalau enggak keponakane."


Pidato ini lantas menimbulkan dugaan jika Megawati menyindir Presiden Joko Widodo dan putra sulungnya, Gibran Rakabuming. Diketahui, Gibran kini tengah menanti rekomendasi PDIP untuk maju di Pilkada Solo 2020.

Menanggapi dugaan tersebut, Gibran rupanya tak merasa disindir Megawati. Ia juga merasa bahwa pidato Megawati sama sekali tak ditujukan pada dirinya.

Gibran lantas mengaku bahwa keinginannya untuk maju di Pilkada Solo 2020 merupakan insiatif pribadi. Ia juga membantah anggapan bahwa dirinya memutuskan terjun ke dunia politik karena dipaksa oleh orangtua atau saudara.

"Saya tidak pernah dipaksa, ini keinginan sendiri," tegas Gibran. "Jadi memang tidak ada paksaan."

Lebih lanjut, Gibran mengaku telah meminta izin sang ayah. Selain Jokowi, Gibran juga telah menyambangi Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo, Megawati, dan juga sejumlah elite PDIP lainnya. "Saya sebelumnya juga minta izin bapak, kemudian ibu Bu Mega. Keluarga hanya memberi semangat," pungkas Megawati.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait