Bapeten Konfirmasi 2 Warga Tangsel Terkontaminasi Zat Radioaktif Cs 137
AP
Nasional

2 warga yang menghuni Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan dikonfirmasi terpapar senyawa radioaktif Caesium 137 yang ditemukan tak jauh dari sana.

WowKeren - Temuan limbah radioaktif bertipe Caesium 137 (Cs-137) di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan pada pekan lalu sempat membuat geger Indonesia. Sebagai pengingat, zat yang masih setipe dengan radiasi fenomenal Chernobyl itu ditemukan di sebidang tanah kosong di perumahan tersebut.

Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir Nasional (Bapeten) pun bekerja sama untuk membereskan limbah radioaktif tersebut. Tak hanya itu, mereka pun melakukan pengecekan terhadap para warga yang berada dekat dengan sumber radiasi.

Tercatat ada 9 warga yang diduga terpapar radiasi Cs-137, yang kekinian dua diantaranya sudah dikonfirmasi terpapar. Informasi ini disampaikan oleh Sekretaris Utara Bapeten, Hendriyanto Hadi Tjahyono.

Kendati demikian, Hendriyanto menyatakan kadar Cs-137 di tubuh kedua warga itu masih jauh di bawah batas dosis radiasi masyarakat umum. Oleh karena itu ia memastikan kondisi kesehatan keduanya bisa dinyatakan aman.


"Dari sembilan orang tersebut, ada dua yang terindikasi atau yang terukur kontaminasi Caesium 137," ujar Hendriyanto ketika dijumpai awak media, Jumat (21/2). "Tapi tingkatnya ternyata sangat rendah, jadi tidak ada dampak radiologi dan tidak ada dampak kesehatan."

Bapeten mengaku menggunakan metode Whole Body Counting untuk memeriksa kadar radiasi di tubuh 9 warga tersebut. 7 diantaranya dinyatakan nol paparan, sedangkan 2 yang lain terpapar dengan besaran 0,12 milisievert.

Normalnya masyarakat umum maksimal menerima paparan sebesar 1 milisievert per tahun. Sedangkan kedua warga terpapar itu menerima sekitar kurang dari sepersepuluh dosis tahunan yang diperkenankan sehingga tidak ada dampak kesehatan. Kadar paparan Cs-137 di tubuh keduanya pun masih jauh lebih kecil dari besaran radioaktif alami tubuh yakni Kalium 40 (K-40).

"Di dua orang tadi ada terukur Caesium-nya, tapi nilainya kecil," terang Hendriyanto, dilansir dari Antara. "Dibandingkan dengan Kalium 40 saja seperlimanya, ada yang bahkan sepersepuluhnya. Jadi sedemikian kecilnya nilai Caesium 137 yang ada di tubuh dua orang itu."

Kendati demikian, Bapeten mengaku akan tetap mengawasi dan melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap kedua orang tersebut. "Intinya di situ. Dia sudah enggak ada masalah, tapi tetap kami punya keinginan untuk satu atau dua bulan lagi akan kami cek lagi," pungkas Hendriyanto.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait