Demokrat Usul RI Terbitkan Perpres Terkait Corona: Negara Lain Sudah Lakukan Itu
Nasional

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Dede Yusuf Macan Effendi menilai dengan diterbitkannya Perpres bisa memberikan rasa aman bagi masyarakat.

WowKeren - Pernyataan Presiden Joko Widodo alias Jokowi yang mengonfirmasi adanya 2 warga Depok positif terjangkit virus corona berbuntut pada kepanikan masyarakat. Oleh sebab itu, partai Demokrat mengusulkan agar Jokowi mengeluarkan peraturan presiden (Perpres) untuk menangani kasus corona guna meredam kepanikan masyarakat.

"Saya rasa sudah saatnya pemerintah keluarkan Perpres terkait penanganan," kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Dede Yusuf Macan Effendi, Selasa (4/3). "Dimana negara lain sudah lakukan itu."

Dede menilai dengan diterbitkannya Perpres bisa memberikan rasa aman bagi bagi masyarakat. Selain itu, dengan adanya Perpres, masyarakat dunia juga bisa melihat kesungguhan pemerintah dalam menangani penyebaran virus corona. "Selain untuk memberikan rasa aman kepada rakyat juga memberikan ketegasan kepada dunia bahwa Indonesia serius menangani kasus ini," ujar Dede.

Pada 2006 lalu ketika flu burung sempat menghebohkan publik, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pernah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2006 tentang Komite Nasional Pengendalian Flu Burung (avian influenza) dan Kesiapsiagaan menghadapi Pandemik Influenza.


Sementara itu, pemerintah sendiri saat ini mengimbau masyarakat untuk tidak panik berlebihan. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD meminta pemerintah daerah untuk tidak membuat warganya semakin panik melalui pernyataan yang disampaikan.

"Diharapkan juga pemerintah jangan terlalu mendramatisir persoalan," kata Mahfud di Jakarta Pusat, Selasa (3/3). "Terutama pemerintah-pemerintah daerah itu, ada sesuatu yang belum jelas, sudah conference pers corona."

Pemda diminta untuk lebih berhati-hati dalam membuat pernyataan. Sebagai pejabat daerah sebaiknya tidak membuat pernyataan yang bisa memancing kepanikan warganya.

Sebelumnya, presiden Joko Widodo alias Jokowi juga mengimbau agar masyarakat tidak perlu panik. Sebab menurutnya, sudah banyak pasien penderita corona yang dinyatakan sembuh.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru