Tak Peka Bau dan Rasa Jadi Gejala Lain Terinfeksi Virus Corona, Ini Faktanya
Dunia

Sejumlah ahli dari berbagai negara menyebutkan gejala minor terinfeksi virus corona (Covid-19) untuk pasien tanpa gejala, yaitu tak bisa merasakan bau dan lidah terasa hambar secara mendadak.

WowKeren - Penyebaran virus corona yang begitu pesat membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkannya menjadi pandemi global. Jumlah pasien yang terus meningkat ini disebabkan pasien terinfeksi yang tidak menunjukkan gejala penyakit Covid-19 yang khas.

Adapun gejala umum infeksi virus corona penyebab Covid-19 adalah demam, batuk kering, dan sesak napas. Selain ketiga gejala utama di atas, pasien positif Covid-19 juga mengalami kelelahan, nyeri, sakit tenggorokan, diare, mual, dan pilek. Gejala-gejala tersebut, umumnya muncul dalam rentang waktu dua sampai 14 hari sejak penderita terinfeksi virus corona jenis SARS-CoV-2.

Sejumlah ahli di beberapa negara kini menambahkan ciri-ciri minor infeksi virus corona yang dialami sejumlah pasien tanpa gejala, yakni tak bisa merasakan bau dan lidah terasa hambar secara mendadak.

Dilansir dari Live Science, Rabu (25/3), indra penciuman yang tidak peka (anosmia) dan lidah jadi pahit atau hambar secara tiba-tiba dilaporkan pasien Covid-19 di Inggris, AS, Iran, Prancis, Jerman, Korea Selatan, sampai Italia.

Ahli telinga, hidung, tenggorokan (THT) Inggris, Claire Hopkins, mengaku telah memeriksa pasien Covid-19 yang tiba-tiba tak peka bau dan rasa. Semua pasiennya tersebut berusia di bawah 40 tahun.


"Saya kira pasien-pasien tanpa gejala (demam, batuk, sesak napas) seperti ini beberapa di antaranya tanpa sadar menyebarkan penyakit dengan cepat (super speader)," kata Hopkins.

Sementara itu, Dr. Hendrik Streeck dari institut virologi di Jerman juga menyampaikan bahwa dokter di University Hospital Bonn mendapati 70 persen pasien Covid-19 tak peka bau dan rasa selama beberapa hari.

"Ada ibu yang tidak bisa mencium bau popok anaknya yang sudah penuh kotoran," terang Streeck dikutip dari Frankfurter Allgemeine. "Ada yang tidak bisa mencium bau sampo. Ada yang mengeluh makan terasa hambar."

Namun, para ahli belum dapat menyimpulkan dengan pasti kapan gejala tak peka bau dan rasa ini muncul pada penderita infeksi virus corona. Namun, ciri-ciri infeksi virus Covid-19 tersebut muncul pada infeksi tahap lanjut.

Oleh karena itu, di masa pandemi ini, para ahli menyarankan agar orang yang tiba-tiba tidak peka bau dan rasa bersedia melakukan karantina mandiri selama tujuh hari. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19 dari penderita positif virus corona yang terkadang tidak menunjukkan gejala (asimtomatik) atau hanya mengalami gejala ringan.

Pasalnya, pada beberapa kasus terinfeksi virus yang terjadi pada anak-anak muda kebanyakan mereka yang memiliki daya tahan tubuh prima tidak akan mengalami gejala seperti demam tinggi dan batuk terus menerus.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru