Lukisan Karya Van Gogh Dicuri Saat Museum Belanda Tutup Gegara Lockdown
Dunia

Direktur Museum Singer Laren menyatakan jika lukisan yang dicuri tersebut dilukis pada tahun 1884 silam. Pelaku mencuri lukisan dari Museum Singer Laren pada dini hari.

WowKeren - Sejumlah negara telah memberlakukan lockdown untuk menekan penyebaran virus corona atau COVID-19. Tak terkecuali Belanda.

Akibat lockdown tersebut, kegiatan operasional salah satu ruang publik, museum, juga ikut terhenti. Namun, siapa sangka justru di tengah kondisi gawat seperti ini justru ada oknum yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan.

Bagaimana tidak, sebuah lukisan karya seniman berpengaruh dalam sejarah seni Barat, Vincent Van Gogh, raib dicuri. Pelaku nekat membobol masuk ke museum di tengah lockdown publik imbas virus corona di negara tersebut.

Direktur Museum Singer Laren menyatakan jika lukisan yang dicuri tersebut berjudul "The Parsonage Garden at Nuenen in Spring" tersebut dilukis pada tahun 1884 silam. Pelaku mencuri lukisan dari Museum Singer Laren pada dini tepat saat ulang tahun Van Gogh yang ke 167 tahun.


Sementara itu, polisi menyebutkan jika lukisan tersebut telah dimasukkan ke dalam daftar interpol internasional sebagai karya seni yang dicuri. Pihak berwenang juga belum mengungkapkan secara pasti berapa nilai karya seni tersebut.

Polisi juga menuturkan jika para pencuri itu membobol museum sekitar pukul 3.15 dini hari waktu setempat. Foto di tempat kejadian menunjukkan jika pintu kaca yang ada di depan museum hancur.

Penyelidik independen tindakan kriminal kesenian Belanda Arthur Brand menyebut jika aksi pencurian itu dilakukan oleh orang yang profesional. Meski lukisan yang dicuri bukan salah satu dari karya terbaik Van Gogh, namun masih tetap bernilai jual tinggi di pasar gelap.

"Ini dilakukan oleh pencuri profesional," kata Arthur dilansir ABC News, Selasa (31/3). Aku harap kita segera menemukan mereka sebelum menjual lukisan itu kriminal tingkat atas."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait