AS Beri Bantuan Puluhan Miliar ke Indonesia untuk Atasi Corona
Getty Images/Anadolu Agency
Dunia
Pandemi Virus Corona

Bantuan senilai puluhan miliar itu ditujukan untuk mempersiapkan sistem laboratorium, mengaktifkan penemuan kasus, serta mendukung ahli teknis Indonesia dalam menanggulangi pandemi ini.

WowKeren - Amerika Serikat rupanya mengucurkan bantuan kesehatan untuk Indonesia dalam menangani wabah pandemi corona (COVID-19). Bantuan tersebut diwujudkan dalam bentuk investasi awal senilai USD2,3 juta atau sekitar Rp37,6 miliar bagi Indonesia untuk menanggulangi penyebaran virus corona.

Dilansir CNN pada Rabu (1/4), melalui situs kedutaan besar AS di Jakarta, Kementerian Luar Negeri AS menyatakan bantuan senilai puluhan miliar rupiah itu ditujukan untuk mempersiapkan sistem laboratorium, mengaktifkan penemuan kasus dan pengawasan berbasis kejadian, serta mendukung ahli teknis dalam respons dan kesiapsiagaan Indonesia dalam menanggulangi pandemi ini.

"Bantuan baru ini merupakan bentuk lain dari bukti kepemimpinan Amerika Serikat dalam bantuan kesehatan dan kemanusiaan global," bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri AS yang dirilis pada Jumat (27/3) lalu.


Bukan hanya Indonesia, bantuan tersebut rupanya juga merupakan bahian dari dana bantuan kesehatan senilai USD 274 dolar yang diberikan AS ke setidaknya 64 negara. Puluhan negara itu dianggap negara berisiko dalam menghadapi ancaman virus corona. Kementerian Luar Negeri AS menyatakan bahwa mereka telah menginvestasikan lebih dari USD 1 miliar bantuan kesehatan bagi Indonesia selama 20 tahun terakhir.

Di sisi lain, hingga kini Amerika Serikat sendiri masih menjadi negara dengan jumlah kasus positif corona tertinggi di dunia. Berdasarkan data dari worldometers.info, sejauh ini AS mencatatkan jumlah kasus COVID-19 sebanyak 188,530, di mana 3,890 pasien dinyatakan meninggal dan 7,251 di antaranya sembuh.

Sedangkan di Indonesia sendiri, tercatat ada 1528 kasus positif COVID-19 yang dikonfirmasi per Selasa (1/4) kemarin, dengan jumlah kematian mencapai angka 136 orang dan 81 pasien lainnya dinyatakan sembuh.

Sementara untuk kasus corona secara global, hingga saat ini ada 858,892 kasus positif COVID-19 yang dikonfirmasi, di mana 42,158 di antaranya meninggal dan 178,100 orang sembuh.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts