Jokowi Sebut Minggu Depan Harga Gula Kembali ke Kisaran Rp 12.500/Kg
Instagram/jokowi
Nasional

Hal itu disampaikan oleh kepala negara saat memimpin rapat terbatas yang membahas persiapan menghadapi Ramadan dan Idul Fitri 1441 H/2020 M melalui video conference hari ini.

WowKeren - Harga gula yang kian meroket masih dirasakan oleh masyarakat di Indonesia. Tak tinggal diam, Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi pun memberikan kepastian positif.

Saat memimpin rapat terbatas yang membahas persiapan menghadapi Ramadan dan Idul Fitri 1441 H/2020 M, Jokowi mengatakan bahwa harga kebutuhan bahan pokok yang kini merangkak naik akan kembali normal pada pekan depan.

Ia pun menyebut sudah mengeceknya ke Bulog. "Saya sudah mengecek ke Bulog ke daerah mengenai panen raya seperti apa," kata Jokowi melalui video conference, Kamis (2/4).

Terkait harga gula, Jokowi menyebut jika mulai minggu depan harga akan kembali normal yakni berada di kisaran Rp 12.500 per kilogramnya. "Mungkin gula tadi Mentan (Menteri Pertanian) sudah menyampaikan, bahwa minggu-minggu depan mungkin harga turun pada posisi normal lagi Rp 12.500/kg," katanya.


Sementara itu, bahan pokok lain yang juga kerap dikeluhkan lantaran harganya yang kian melambung adalah bawang. Berdasarkan informasi yang diperolehnya dari Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, impor bawang telah masuk ke Indonesia. Dengan begitu, harga bawang juga dipastikan akan kembali normal karena ketersediaan stok.

"Mendag juga menyampaikan kepada saya bawang juga sudah beberapa sudah masuk," jelas kepala negara. "Kita harapkan bawang putih pada minggu-minggu depan atau syukur minggu ini sudah kembali ke normal harga di Rp 20 ribu-Rp 30 ribu."

Sebelumnya, di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, harga gula pasir yang dijual pedagang eceran sudah tembus di angka Rp 22.000 per kilogramnya.

"Persoalan kenaikan harga gula pasir ini menjadi serius bagi pemerintah daerah," kata Bupati Nagan Raya HM Jamin Ihdam, Kamis (26/3). "Dan segera kita cari solusi terbaik agar harga gula pasir kembali normal."

Naiknya harga gula pasir disebabkan karena kelangkaan stok di pihak produsen. Alhasil, pengecer pun harus menaikkan harganya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait