PLN Beri Token Listrik Gratis Imbas Corona, Begini Cara Aksesnya
Nasional
COVID-19 di Indonesia

PLN membebaskan tarif listrik selama 3 bulan ke depan sebagai imbas wabah Corona. Untuk pengguna prabayar, fasilitas ini diwujudkan lewat token gratis yang bisa diakses seperti cara berikut.

WowKeren - Pemerintah memberikan berbagai jenis stimulus untuk memudahkan perekonomian masyarakat Indonesia. Hal ini tentu tak lepas dari wabah virus Corona yang sampai sekarang masih belum menemukan "lawan" sepadan kendati sudah tiga bulan lebih berlalu.

Presiden Joko Widodo meminta PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) untuk membebaskan tarif listrik pengguna pascabayar 450 VA, sedangkan pengguna 900 VA diberi diskon 50 persen. Setelahnya PLN pun ditugaskan memutar otak untuk memberikan keringanan yang sama bagi pengguna prabayar.

Kini PLN pun sudah memberikan jawaban untuk tugas tersebut. Dalam pernyataan terakhirnya, PLN akan memberikan token listrik gratis bagi pengguna prabayar 450 dan 900 VA. Namun berapa besarannya? Begini penjelasan PLN.

"Bagi pelanggan prabayar akan diberikan token gratis," jelas Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini melalui keterangan resminya, Kamis (2/4). "Sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian tiga bulan terakhir."

Lantas bagaimana nasib pengguna yang terlanjur membeli token listrik? Tidak perlu khawatir, PLN memastikan token yang sudah dibeli itu akan tetap "tersimpan", namun token gratis akan tetap diperhitungkan pada pembelian bulan berjalan. "Jadi token yang telah dibeli tidak hilang," terang Zulkifli, dilansir dari Suara, Jumat (3/4).

Kini token listrik gratis itu sudah bisa diakses oleh masyarakat. Dilansir dari unggahan di Instagram resmi PLN, @pln_id, begini langkah-langkah untuk mendapatkan token listrik gratis itu.

"Hai Electrizen, Mimin mau kasih tau kalau Token Gratis dari PLN untuk Pelanggan Rumah Tangga Prabayar 450 VA dan 900 VA Subsidi SUDAH DAPAT DIAKSES LOHH!" ujar PLN lewat caption unggahannya.


Terdapat dua cara untuk mengaksesnya, yakni lewat situs resmi PLN di www.pln.co.id, atau lewat WhatsApp. Kedua cara ini sama-sama membutuhkan ID pelanggan.

Bila hendak mengakses lewat situs resmi PLN, pertama pelanggan bisa membuka laman resminya terlebih dahulu. Pelanggan kemudian memilih "Menu Pelanggan" dan langsung menuju pilihan "Stimulus COVID-19".

Pelanggan lantas memasukkan ID pelanggan atau nomor meternya dan token gratis yang bisa didapat akan ditampilkan di layar. Pelanggan pun tinggal memasukkan token gratis itu ke meteran.

Sedangkan bila hendak mengakses token gratis lewat WhatsApp, pertama pelanggan bisa menghubungi PLN lewat nomor 08122-123-123. Pelanggan tinggal mengikuti langkah-langkah yang disajikan lewat WhatsApp, salah satunya memasukkan ID Pelanggan.

Token gratis yang diberikan akan muncul. Dan seperti sebelumnya, token itu tinggal dimasukkan ke meteran.

Token gratis ini bisa digunakan oleh pelanggan untuk tiga bulan ke depan, seperti pengguna pascabayar. Pelanggan prabayar 450 VA mendapatkan token listrik gratis secara penuh, sedangkan pengguna 900 VA mendapat subsidi untuk setengah pemakaiannya.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts