Bocorkan Kondisi Mengerikan di Kapal Perang AS Yang Terinfeksi Corona, Kapten Langsung Dicopot
thedefensepost.com
Dunia

Kapten Brett Crozier yang bertanggung jawab atas USS Theodore Roosevelt, kapal perang AS yang belum lama ini 'ditumbangkan' virus Corona, dicopot dari posisinya oleh Angkatan Laut.

WowKeren - Belum lama ini Amerika Serikat "panen" kasus positif COVID-19, yakni dari kapal perang USS Theodore Roosevelt. Sang kapten kapal, Brett Crozier, menyebut virus menyebar dengan tak terkendali di dalam kapal berisi 4 ribu awak itu.

Kapten Crozier pun meminta agar kru kapalnya bisa segera diselamatkan. Beruntung aksinya itu membuat ratusan kru yang sudah dikonfirmasi positif bisa segera dirawat, sedangkan ribuan lainnya dikarantina untuk diamati kondisinya.

Namun permintaan Kapten Crozier agar krunya bisa segera diselamatkan ini justru membuatnya dicopot dari jabatannya. Hal ini dikonfirmasi oleh Kepala Angkatan Laut AS, Thomas Modly, yang menyebut Kapten Crozier sudah memberikan penilaian yang luar biasa buruk dan tak sesuai kenyataan.

Pemecatan ini sendiri terjadi pada Kamis (2/4) waktu setempat AS. Pihak Angkatan Laut AS sangat menyoroti sikap Kapten Crozier yang membocorkan surat permohonan kru Kapal Perang USS Theodore Roosevelt kepada media.


"Surat itu menimbulkan persepsi bahwa Angkatan Laut tak bekerja dengan baik, bahwa pemerintah tak bekerja dengan baik," ujar Modly, dilansir dari BBC, Jumat (3/4). "Itu tidak benar."

Sikap Kapten Crozier yang membocorkan isi surat itu ke media memberikan kesan seolah-olah Angkatan Laut tak merespons permohonan kapal. Sikap inilah yang disayangkan pihak Angkatan Laut hingga akhirnya mencopot Kapten Crozier dari jabatannya.

Sikap Angkatan Laut AS ini pun memicu perdebatan. Seperti pimpinan Fraksi Demokrat di Komite Pertahanan Negara menyebut sikap Angkatan Laut AS menunjukkan ketidakdewasaan dan justru berpotensi menyebabkan pertahanan negara menurun.

"Walaupun Kapten Crozier melangkah di luar batas pekerjaannya, keputusannya pada masa kritis seperti itu justru membuat pertahanan negara kita menurun dan berakibat buruk," ujarnya dalam pernyataan resmi. "Melemparkan tanggung jawab (kesalahan) kepada petugas tanpa investigasi menyeluruh tak akan menyelesaikan krisis yang terjadi di USS Theodore Roosevelt."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru