Kartu Pra Kerja Jokowi Meluncur Pekan Kedua April, Segini 'Gaji' Yang Bakal Diterima
Nasional
Kartu Pra Kerja

Kartu Pra Kerja yang dikampanyekan Presiden Joko Widodo siap diluncurkan pada pekan kedua April 2020. Lewat program ini negara akan memberikan pelatihan ketenagakerjaan beserta sejumlah insentif.

WowKeren - Salah satu program kerja Presiden Joko Widodo yang dipromosikan semasa kampanye adalah Kartu Pra Kerja. Sempat sepi update, belakangan progres terkait program ini mulai ramai dibicarakan publik.

Yang terbaru, Kartu Pra Kerja ini disebut-sebut siap diluncurkan pada pekan kedua April 2020. Dengan demikian, pendaftaran peserta secara daring siap dimulai antara pada pekan ini atau pekan depan.


Lebih spesifik, Kartu Pra Kerja ini memang disiapkan pemerintah untuk mengurangi dampak ekonomi dari wabah virus Corona. Sebab, seperti diketahui, banyak masyarakat yang harus kehilangan pekerjaannya lantaran "dihajar" wabah COVID-19.

"Pekerja formal maupun informal yang terdampak COVID-19 dapat mendaftarkan diri di laman resmi www.prakerja.go.id," ujar Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Pra Kerja, Denni Purbasari. "Mulai minggu kedua April 2020."

Dikutip dari keterangan resminya, Denni menyebut program ini menyasar sekitar 5,6 juta peserta di tahun 2020. Lantas berapa besaran insentif yang bakal diterima oleh para peserta program ini?

Dilansir dari Kompas, manfaat yang bisa diterima oleh tiap peserta total sebesar Rp 3.550.000. Nominal ini dibagi yakni berupa bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta dan insentif pasca pelatihan senilai Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan.

Selain itu, peserta Kartu Pra Kerja juga akan menerima insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 50 ribu per survei untuk 3 kali survei. Survei ini sendiri diisi setelah peserta menyelesaikan program pelatihannya.

Saat ini, lintas sektor yang melibatkan berbagai kementerian dan lembaga telah melakukan pendataan untuk menentukan peserta yang berhak menerima bantuan program. "Untuk itu, harapannya, dengan kerja sama yang erat antar K/L, program Kartu Pra Kerja 2020 dapat menyasar kepada yang paling membutuhkan," ujar Sekretaris Komite Cipta Kerja, Susiwijono.

Lantas bagaimana cara mendaftar program ini? Peserta bisa mengakses pendaftaran di laman prakerja.go.id. Pendaftaran akan dilakukan secara kolektif dan didampingi petugas terkait.

Selanjutnya peserta bisa mengikuti pelatihan yang diadakan dalam dua metode, yakni e-learning dan tatap muka. Para peserta juga bisa menggunakan layanan-layanan sistem informasi dari ketenagakerjaan atau SISNAKER.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts