Pandemi Corona Makin Mengkhawatirkan, ISIS Malah Kirim Rudal ke Pangakalan Udara AS di Afghanistan
Dunia

Serangan ini terjadi beberapa minggu setelah Taliban dan AS menyepakati penarikan pasukan AS sebagai imbalan atas jaminan keselamatan Taliban. Diketahui, ISIS belum termasuk di pakta tersebut.

WowKeren - Masyarakat dunia saat ini tentunya tengah panik luar biasa akibat wabah virus corona (COVID-19) yang menyebar ke berbagai penjuru. Namun di tengah pandemi ini, ISIS justru menghantam pangkalan udara AS di Afghanistan dengan lima rudal sekaligus.

Lima rudal tersebut dikirim oleh ISIS pada Kamis 99/4) waktu setempat. Pasukan Afghanistan yang dipimpin oleh NATO menjelaskan bahwa tidak ada korban jiwa akibat penyerangan tersebut.

"Lima roket ditembakkan di lapangan udara Bagram pagi ini," demikian keterangan dari Resolute Support di Twitter, merujuk pada pangkalan udara utama AS di Afghanistan, utara Kabul.

Serangan itu terjadi beberapa minggu setelah Taliban dan AS menyepakati penarikan pasukan AS sebagai imbalan atas jaminan keselamatan Taliban. Diketahui, ISIS belum termasuk di pakta tersebut.


Dikutip dari The New York Times, ISIS dalam sebuah pernyataan di media sosial menyatakan bahwa mereka menargetkan landasan pendaratan helikoter di Bagram.

Sebagai informasi tambahan, ISIS yang berafiliasi di Afghanistan atau yang dikenal dengan nama ISIS Khorasan (ISIS-K) sesuai nama wilayahnya, pertama kali muncul di Afghanistan timur pada 2014. Sejak itu mereka bergerak ke daerah-daerah lain, terutama di utara Afghanistan.

Milisi ISIS yang bertempur melawan pasukan asing dan pemerintah Afghanistan serta Taliban, telah melakukan beberapa serangan mematikan di pusat-pusat kota Afghanistan dalam beberapa tahun terakhir.

Taliban sendiri sebagai bagian dari perjanjian mereka dengan AS, telah berjanji untuk membuka pembicaraan damai dengan pemerintah Afghanistan yang didukung AS, tapi baru ada sedikit progres.

Pemerintah Afghanistan telah membebaskan para tahanan Taliban dari sebuah penjara di dekat pangkalan Bagram, sebagai langkah untuk membangun kepercayaan bagi pembicaraan Taliban.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru