Amerika Serikat Catat Angka Kematian Tertinggi di Dunia Akibat Virus Corona
Dunia

Meski begitu, tingkat kematian di Amerika Serikat akibat virus Corona masih terbilang kecil dibanding persentase di dunia maupun Indonesia. Angka kematian AS sangat tinggi dikarenakan beberapa hal, apa saja?

WowKeren - Angka kematian akibat virus Corona atau COVID-19 di dunia masih sangat mengkhawatirkan. Yang terbaru, Amerika Serikat (AS) mencatat rekor kematian tertinggi melewati jumlah korban di China maupun Italia. Hingga saat ini, kasus kematian akibat virus Corona di dunia telah mencapai 108 ribu jiwa.

Sedangkan di AS, sebanyak 20.602 orang telah dinyatakan meninggal akibat COVID-19. Kendati begitu, tingkat kematian di AS rupanya masih rendah yakni hanya 3,8 persen hingga Minggu (12/4) pagi berdasarkan peta Gis And Data. Angka tersebut lebih rendah dari rata-rata persentase kematian dunia yakni 6,1 persen.

Tingginya kasus di AS sebab tes besar-besaran yang dilakukan. Presiden AS Donald Trump bahkan menyebut pengujian COVID-19 di negaranya adalah yang terbanyak di dunia. Sehingga dengan upaya tersebut, banyak kasus berhasil terdeteksi.


AS juga mencatat semua kematian pasien yang positif virus Corona. Hal itu berbeda dengan negara lain yang tidak menghitung pasien apabila memiliki penyakit lain. Meski positif Corona, pasien bisa saja meninggal karena penyakit bawaan.

"Bila virus itu itu membuat kamu masuk ICU dan kemudian kamu terkena masalah jantung atau ginjal, beberapa negara mencatatnya sebagai masalah jantung atau ginjal, dan bukan kematian COVID-19," ujar Dr. Deborah Birx, Koordinator Respons Virus Corona Gedung Putih, dilansir dari Liputan 6. "Tujuan saat ini adalah bahwa jika seseorang meninggal dengan COVID-19, kita menghitungnya sebagai kematian COVID-19."

Indonesia sendiri kini telah mencatat 3.842 kasus positif COVID-19 per tanggal 11 April dengan 327 orang meninggal dunia. Itu artinya, tingkat kematian kasus COVID-19 di Indonesia mencapai 8,5 persen. Angka tersebut lebih tinggi dibanding persentase rata-rata kematian akibat Corona di dunia.

(wk/nere)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait