Kulit Kemerahan dan Gatal-Gatal Diklaim Sebagai Gejala Baru Infeksi Covid-19
Dunia

Publik sudah mengetahui bahwa seseorang yang terinfeksi virus corona bisa mengalami gejala demam tinggi hingga batuk. Namun peneliti menyebutkan kemungkinan adanya gejala baru.

WowKeren - Virus corona atau Covid-19 masih terus mewabah di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Para peneliti di seluruh dunia pun berlomba-lomba untuk menemukan vaksin maupun obat yang efektif menangkal virus corona.

Namun para peneliti juga terus mengamati karakter dari Covid-19 yang kabarnya bisa berubah-ubah. Gejala yang ditunjukkan seorang pengidap Covid-19 pun bervariasi, mulai dari demam tinggi, batuk, bersin, hingga kesulitan bernapas. Namun ada juga pengidap Covid-9 yang tak merasakan gejala apapun.

Belum lama ini, para ahli mengklaim bahwa kulit kemerahan dan gatal-gatal sebagai gejala baru infeksi Covid-19. Gejala tersebut ditemukan oleh para ahli yang terkumpul dalam persatuan dokter spesialis kulit Prancis (SNDV).


Para dokter yang tergabung di SNDV melakukan pengamatan terhadap ratusan pasien positif Covid-19. Lebih lanjut, SNDV mengungkapkan bahwa lesi kemerahan muncul secara terus-menerus, meski pasien yang positif Covid-19 tak memiliki gangguan pernapasan. Lesi merupakan jaringan yang telah rusak atau abnormal pada tubuh, dan umumnya muncul karena cedera atau sakit.

"Lebih dari 400 dokter kulit menyoroti kemunculan lesi kulit yang menimbulkan gatal-gatal pada pasien positif Covid-19," ujar pihak SNDV dilansir Express pada Rabu (15/4). "Ini adalah acrosyndromes, kemunculan kemerahan yang persisten, kadang-kadang menyakitkan dan gatal."

Menurut SNDV, beberapa pasien positif Covid-19 mengeluhkan rasa gatal pada lesi kemerahan yang muncul di kulit mereka. Namun beberapa pasien lain mengaku hanya merasakan sensasi terbakar pada kulit.

Sementara itu, lesi sendiri dapat terlihat dalam berbagai bentuk dan ukuran, serta bisa muncul di bagian tubuh mana saja. Pihak SNDV mengimbau masyarakat untuk segera berkonsultasi dengan dokter, jika merasakan gejala kulit kemerahan dan gatal-gatal agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

(wk/evaa)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait