Australia Sigap Perluas Tes Corona Meski Angka Penularan Terus Menurun
AP
Dunia

Dalam dua pekan terakhir, Australia telah mencatat penurunan signifikan kasus penyebaran COVID-19 setelah pemerintah secara ketat melarang warga keluar rumah atau melakukan pertemuan publik.

WowKeren - Australia rupanya kembali melakukan langkah antisipasi penularan virus corona (COVID-19). Selain menolak pelonggaran lockdown, Australia juga memperluas tes virus corona meskipun angka penularan terus menurun.

Dengan memperluas tes virus corona, pemerintah Australia akan bisa mengetahui seberapa luas penyebaran virus di masyarakat. Salah satu negara bagian Australia, Victoria, juga sudah menerapkan sistem ini sejak awal pekan kemarin.

Menteri Kesehatan Victoria, Jenny Mikakos mengatakan Victoria akan menjadi negara bagian yang paling banyak dan paling luas melakukan tes virus corona pada warganya. "Fokus kita sebelumnya adalah mereka yang baru kembali dari luar negeri, sekarang kita ingin memastikan untuk bisa melacak seluruh kasus virus yang ada," kata Jenny.

Menurut Jenny, yang akan dites adalah siapa saja yang memiliki gejala yang relevan, demam atau gejala saluran pernapasan yang parah. "Kami umumkan bahwa mulai hari ini, Victoria akan memiliki kriteria pengujian paling luas se- Australia," tegasnya.

Jenny mengatakan bahwa Australia Barat dan Queensland juga memiliki kriteria yang sama, namun tidak dilakukan di semua klinik. "Australia Barat memiliki lima klinik layanan, dan pengujian yang luas hanya tersedia di beberapa daerah. Di Queensland, tergantung pada daerahnya."


Sementara itu, selain memperluas tes corona, sebelumnya Perdana Menteri Australia Scott Morrison juga mengatakan bahwa pihaknya masih butuh waktu beberapa pekan ke depan untuk mencabut kebijakan lockdown. "Kita harus bersabar menghadapi kondisi ini," kata Morrison.

Scott Morrison juga menekankan bahwa Singapura dan Korea Selatan telah memperlihatkan keberhasilan melawan pandemi corona, namun kedua negara tersebut kembali mencatat lonjakan kasus setelah melonggarkan aturan perjalanan maupun pembatasan lainnya.

Menteri Kesehatan Australia, Greg Hunt, juga mengatakan jika pelambatan kasus baru COVID-19 terkait dengan disiplin warga yang mematuhi aturan untuk menjaga jarak dan melakukan karantina mandiri. "Warga Australia melakukan dengan luar biasa, kami telah melihat kemajuan nyata," ujar Hunt.

Dilaporkan bahwa dalam dua pekan terakhir, Australia telah mencatat penurunan signifikan kasus penyebaran COVID-19. Hasil itu diperoleh setelah pemerintah secara ketat melarang warga keluar rumah dan melakukan pertemuan publik.

Pada Minggu (12/4) dan Senin (13/4) Australia melaporkan total penambahan kasus baru sebanyak 63 orang sehingga total menjadi 6,366 kasus. Penambahan tersebut merupakan kenaikan dua hari terendah selama sebulan terakhir.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru