Trump Sebut AS Sedang Selidiki Asal Wabah Corona yang Diduga Bocor dari Laboratorium Wuhan
Getty Images
Dunia

Trump menyebutkan bahwa penyelidikan yang dilakukan AS tersebut fokus mencari tahu apakah virus corona berasal dari sebuah laboratorium di Wuhan, Tiongkok, seperti yang dirumorkan.

WowKeren - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, rupanya lagi-lagi mengeluarkan pernyataan kontroversial. Pasalnya, Presiden berusia 73 tahun tersebut menyatakan bahwa AS tengah menyelidiki asal virus corona (COVID-19) yang sebenarnya.

Dilansir Fox News pada Kamis (16/4), Trump menyebutkan bahwa penyelidikan itu fokus mencari tahu apakah virus corona berasal dari sebuah laboratorium di Wuhan, Tiongkok, seperti yang dirumorkan. Seperti yang diketahui, sumber sebenarnya dari virus corona yang telah menginfeksi lebih dari 2 juta orang di dunia dan menewaskan lebih dari 136 ribu orang secara global ini, masih menjadi misteri hingga kini.

Kepala Staf Gabungan AS, Jenderal Mark Milley, pada Selasa (14/4) waktu setempat menyatakan bahwa intelijen AS mengindikasikan virus corona kemungkinan besar terbentuk secara alami, bukan diciptakan di sebuah laboratorium di Tiongkok. Namun kepastian soal indikasi ini masih belum jelas.

Rumor lain menyebut bahwa virus corona berasal dari sebuah laboratorium di Wuhan, namun bukan sebagai senjata biologis. Melainkan lebih sebagai bagian dari upaya Tiongkok untuk menunjukkan kemampuannya mengidentifikasi dan memerangi virus setara atau lebih hebat dari kemampuan AS.


Laporan ini dan sejumlah laporan lainnya mengindikasi bahwa laboratorium di Wuhan yang menjadi lokasi eksperimen virus dan lemahnya standar keamanan di sana, telah memicu seseorang terinfeksi dan muncul di pasar seafood Huanan, tempat virus corona mulai menyebar.

Dalam sebuah konferensi pers terbaru di Gedung Putih, Trump ditanya soal laporan yang menyebut virus corona lepas dari sebuah laboratorium di Wuhan. Sang Presiden menyatakan dirinya mengetahui adanya laporan semacam itu. "Kita sedang melakukan pemeriksaan sangat teliti terhadap situasi mengerikan yang terjadi," ujar Trump.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, secara terpisah mengatakan bahwa otoritas Tiongkok perlu berterus terang tentang semua hal yang mereka ketahui soal virus corona. Pompeo menyatakan bahwa, "Kami tahu virus ini berasal dari Wuhan, Tiongkok, dan Institut Virologi hanya berjarak beberapa mil dari pasar yang menjadi lokasi penyebaran virus corona."

"Kami benar-benar membutuhkan pemerintah Tiongkok untuk membuka diri," ucapnya, sembari meminta Tiongkok secara terbuka menjelaskan bagaimana virus ini menyebar, "Pemerintah Tiongkok perlu berterus terang."

Di sisi lain, pada Februari lalu, Institut Virologi Wuhan yang dikelola pemerintah Tiongkok, menepis rumor yang menyebut virus corona disintesis secara buatan di salah satu laboratorium mereka.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru