Hewan Juga Butuh Perhatian, Berikut 7 Tips Menjaga Peliharaan Kalian Di Tengah Pandemi COVID-19
Lifestyle

Banyak pemilik hewan panik dan resah bagaimana melindungi hewan kesayangan mereka dari virus tersebut. Untuk itu, berikut tim WowKeren rangkum 7 tips menjaga hewan peliharaan di tengah pandemi COVID-19

WowKeren - Mewabahnya virus corona atau COVID-19 membuat banyak orang kini menghabiskan waktunya di rumah. Biasanya pemilik hewan peliharaan akan menghabiskan waktu bersama hewan kesayangannya. Apalagi di kondisi tak kondusif, saat pandemi ini mudah sekali membuat stres dengan banyaknya paparan berita negatif di media sosial.

Namun, baru baru ini muncul pemberitaan yang mengkhawatirkan para pemilik hewan peliharaan. Tak hanya manusia saja, dilaporkan beberapa hewan ternyata juga bisa terinfeksi virus corona ini. Hewan tersebut diduga positif COVID-19 setelah sebelumnya melakukan interaksi yang cukup intens terhadap manusia.

Meski belum ada penelitian resmi mengenai hal ini, banyak pemilik hewan panik dan resah bagaimana melindungi hewan kesayangan mereka dari virus tersebut. Untuk itu, berikut tim WowKeren rangkum 7 tips menjaga hewan peliharaan di tengah pandemi COVID-19. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Beri Asupan Makan Yang Sehat Dan Bergizi


Beri Asupan Makan Yang Sehat Dan Bergizi

Tips pertama untuk menjaga hewan peliharaan kalian dari penyakit adalah membentenginya dengan sistem imun yang baik. Caranya mudah agar sistem imun hewan baik adalah memberikan mereka makanan yang sehat dan penuh dengan gizi.

Hewan peliharaan seperti anjing, burung dan kucing sangat aman dipelihara selama kalian selalu memperhatikan kondisi kesehatan mereka. Pastikan untuk memperhatikan asupan makanan si hewan dengan memberi mereka makanan bervitamin.

2. Jangan Lupa Terus Jaga Kebersihan Hewan


Jangan Lupa Terus Jaga Kebersihan Hewan

Selain memberikan makanan yang bergizi tinggi, menjaga kebersihan hewan peliharaan juga enggak kalah pentingnya. Jangan lupa untuk selalu membersihkannya. Jika biasanya membersihkan seminggu sekali, sebaiknya di musim pandemi corona ini usahakan untuk membersihkan kandang setiap hari.

Sementara itu, pada beberapa hewan yang menjilat, seperti anjing, maka untuk daerah sekitar mulut, hidung serta daerah tempat kotoran hewan, sebaiknya tidak tersentuh oleh tangan. Semprot desinfektan semua bagian kandang hewan peliharaan kalian agar tak ada kuman yang tertinggal.

3. Lengkapi Kebutuhan Vaksinnya


Lengkapi Kebutuhan Vaksinnya

Setiap pemilik hewan peliharaan tentu ingin agar peliharaannya senantiasa sehat. Salah satu cara adalah memberikan vaksin. Tak hanya manusia, hewan peliharaan juga harus diberi vaksin lengkap agar kesehatannya tetap terjaga.

Memang saat ini belum ada vaksi untuk COVID-19 baik untuk hewan maupun manusia. Tapi, kalian tetap harus antisipasi hadirnya alpha Covid. Alpha Covid merupakan jenis virus corona yang menular melalui hewan ke hewan.

4. Pastikan Hewan Peliharaan Tetap Di Rumah Selama Pandemi


Pastikan Hewan Peliharaan Tetap Di Rumah Selama Pandemi

Untuk sementara, kurangi waktu untuk berjalan-jalan di luar rumah dengan hewan peliharaan. Sebisa mungkin menjauhkan hewan peliharaan dari kontak hewan liar, selama pandemi berlangsung.

Selain itu, untuk sementara, kurangi waktu untuk berjalan-jalan di luar rumah dengan hewan peliharaan. Sebisa mungkin jauhkan hewan peliharaan dari kontak hewan liar, selama pandemi berlangsung.

5. Cuci Tangan Sesudah Dan Sebelum Menyentuh Hewan


Cuci Tangan Sesudah Dan Sebelum Menyentuh Hewan

Kalian dihimbau sebelum dan sesudah memelihara hewan, seperti memberi makan, maka kita tetap harus mencuci tangan baik sebelum maupun setelah dengan menggunakan sabun. Bahkan kalau ada dugaan pemilik hewan sedang batuk atau flu, sebisa mungkin menggunakan masker.

Kalian bisa rutin cuci tangan sehabis menyentuh bagian sensitif, misalnya lidah dan kaki hewan peliharaan. Cuci tangan seperti biasanya selama 20 detik dengan menggunakan sabun.

6. Jangan Menyerahkan Hewan Peliharaan Kepada Orang Lain Kecuali Mendesak


Jangan Menyerahkan Hewan Peliharaan Kepada Orang Lain Kecuali Mendesak

Sebisa mungkin jangan serahkan hewan peliharaan kalian kepada orang lain kecuali keadaan mendesak. Selain rentan membuat hewan stres karena terpisah dengan pemiliknya, kalian juga tidak dapat memantau dengan siapa saja hewan berinteraksi.

Jika ada dugaan kemungkinan pemilik hewan atau anggota keluarga terpapar COVID-19, sebaiknya hewannya tetap dikandangkan dan tidak dilepasliarkan untuk mencegah hewan berkeliaran di luar. Intinya jangan sampai kita melakukan tindakan berlebihan.

7. Segera Periksakan Hewan Jika Terlihat Sakit


Segera Periksakan Hewan Jika Terlihat Sakit

Konsultasikan ke dokter hewan atau klinik juga diperlukan apabila hewan menunjukkan gejala sakit. Saat hewan tidak nafsu makan, minumnya berkurang, terlihat lemah, maka kalian di sarankan agar cepat mengkonsultasikannya ke dokter.

Saat ini beberapa dokter hewan maupun klinik melakukan pelayanan secara online, yang bisa membantu pemilik hewan menjaga kesehatan hewan dengan baik. Jangan mengobati sendiri agar bakteri tak menjangkit kamu sendiri. Jangan pula biarkan orang lain dari luar rumah untuk mengurusi hewan peliharaan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru