Kim Jong Un Dikabarkan Kritis, Adik Perempuannya Jadi Kandidat Terkuat Calon Pengganti
Getty Images
Dunia

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, ramai dilaporkan sedang kritis usai melakukan operasi kardiovaskular. Terkait hal ini, Kim Yo Jong selaku adik perempuannya disebut bakal menggantikan posisinya.

WowKeren - Rumor soal Kim Jong Un yang dikabarkan sedang dalam kondisi kritis usai menjalani operasi kian berembus kencang. Terkait kabar ini, banyak spekulasi yang merebak di kalangan publik. Salah satunya adalah soal Kim Yo Jong, yang diduga kuat bakal menggantikan posisi Kim Jong Un sebagai pemimpin Korea Utara jika kondisi kakak laki-lakinya tersebut kian memburuk.

Dilansir Daily Mail pada Rabu (22/4), Kim Yo Jong sebagai adik perempuan Kim Jong Un ada di antrean politisi senior untuk mengambil alih kendali kepemimpinan Korut. Kim Yo Jong diketahui telah ditunjuk sebagai anggota pengganti politbiro pada pertemuan 11 April, di mana Kim Jong Un terakhir kali terlihat di depan umum. Wanita 31 tahun ini juga telah mewakili pemerintah Korea Utara dalam berurusan dengan Korea Selatan.

Cheong Seong-chang, seorang analis di Institut Sejong Korea Selatan mengatakan, Kim Yo Jong sudah membawa pengaruh signifikan dalam pemerintahan Korea Utara. Akan tetapi, ada pula spekulasi bahwa pemimpin dari partai papan atas yang akan menjadi pengganti Kim Jong Un jika terjadi hal buruk.

NK News melaporkan, mengingat 2 dari 3 anggota Komite Tetap Politbiro lebih tua, anggota ketiganya yaitu Ketua Departemen Organisasi dan Bimbingan Choe Ryong Hae, dipandang sebagai kandidat yang potensial.

Terlepas dari hal tersebut, baru-baru ini Kim Jong Un diketahui melewatkan perayaan ulang tahun sang kakek, Kim Il-Sung pada 15 April lalu. Hal itu menimbulkan spekulasi terkait kondisinya. Sebab, perayaan hari jadi mendiang sang kakek, pendiri negara, merupakan salah satu hari libur nasional paling penting di Korea Utara.


"Ada sejumlah rumor terbaru tentang kesehatan Kim Jong Un (soal kebiasaan merokok, jantung, dan otak). Jika Kim Jong Un dirawat di rumah sakit, itu akan menjelaskan mengapa ia tidak hadir pada perayaan 15 April lalu yang penting itu," ucap Bruce Klingner, peneliti senior Heritage Foundation dan juga mantan kepala divisi CIA untuk Korea Utara.

"Tetapi selama bertahun-tahun, sejumlah rumor bohong soal kesehatan Kim Jong Un dan ayahnya sering muncul. Jadi kita harus menunggu dan melihat kebenarannya," kata Klingner menambahkan.

Sementara itu, Daily NK yang mengutip sumber-sumber internal melaporkan, Kim sedang beristirahat dan menjalani pemulihan di sebuah vila di daerah resor Gunung Kumgang, Hyangsan. Dia sebelumnya telah menjalani operasi kardiovaskular pada 12 April di sebuah rumah sakit.

Menurut Daily NK, kesehatan Kim telah menurun dalam beberapa bulan terakhir. Kim dikenal sebagai perokok berat, dan mengalami obesitas. Selain itu, dia terlalu banyak bekerja sehingga kurang istirahat.

"Setahu saya adalah bahwa dia telah berjuang (dengan masalah kardiovaskular) sejak Agustus lalu tetapi memburuk setelah kunjungan berulang ke Gunung Paektu," kata salah satu sumber.

Kim dilarikan ke rumah sakit setelah memimpin pertemuan politbiro Partai Buruh yang berkuasa pada 11 April. Itu adalah terakhir kali Kim muncul di depan publik.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait