Maya Septha Beber Tips Membangun Komunikasi dengan Pasangan, Ternyata Cukup Saling Puji
Instagram
Selebriti

Selama pandemi virus corona, Maya Septha terpikirkan untuk belajar saling memuji dengan pasangan. Maya menjelaskan bahwa kalimat-kalimat pujian tersebut dapat membantu komunikasi dengan pasangan menjadi baik.

WowKeren - Pandemi virus corona di Indonesia saat ini membuat Maya Septha berpikir untuk lebih belajar saling memberikan pujian dengan pasangannya. Maya beranggapan bahwa memuji pasangan secara tulus adalah hal yang baik. Maya pun mengawalinya dengan menuliskan kalimat terima kasih.

"Di tengah Corona ini boleh dicoba ni sama pasangannya.. belajar saling memuji. Yang tulus ya. Kalo ga tulus gaada gunanya soalnya. Bilang terimakasih. Buat apa aja, sekecil apapun, setiap hari. Misal thankyou udah dimasakin atau ditemenin atau udah bayar listrik," tulis Maya di laman akun Instagram-nya pada hari ini, Sabtu (2/5).


Langkah selanjutnya menurut Maya adalah mengucapkan kata maaf kepada pasangan meski tidak mempunyai salah. Bagi Maya, kata maaf adalah bentuk rasa empati kepada pasangan.

"Bilang maaf. Bahkan kadang kalau pasangan lagi ngalamin hal yang ngga nyaman pun it would be nice kalo kita bilang sori. Bukan karena buat salah tapi sorry that it happens to you. Misalnya waktu pasangan lagi ngeluh sesuatu atau kepentok meja deh. Itu menunjukkan rasa empati dan bahwa kita kita ikut merasakan / ada di pihak yang sama," kata Maya.

Selain itu, Maya mengganti kalimat perintah menjadi permintaan. "Ganti kalimat perintah jadi permintaan: boleh ngga tolong ini.. saling update hari gimana ngapain aja ada kesulitan apa.. supaya saling tau dunia masing2.. ngga sibuk sendiri," ucap Maya.

Di akhir keterangan unggahannya, Maya beranggapan bahwa mengutarakan isi hati yang disampaikan tanpa emosi lebih akan diterima dengan baik. Sebab, mengutarakan isi hati tanpa emosi lebih enak didengar oleh lawan bicara.

"Komunikasi mengutarakan isi hati yang mengganjal biar ngga numpuk.. tapi tanpa emosi ya.. supaya pesannya sampe. ngga cuma nyangkut di kuping lalu mental karena gaenak didenger.. gagal masuk ke hati nanti," tutup Maya.

Melihat unggahan itu, netizen pun banyak yang menyuarakan pendapat mereka di kolom komentar. Banyak dari netizen setuju dengan tips Maya dan bahkan diterapkan di kehidupan rumah tangga mereka.

"Bener bangeeet...Tiap sahur dan buka puasa Suami dan anak selalu bilang 'makasih uda dimasakin bun' gitu aja uda seneng banget loh, dan ucapan-ucapan sesederhana itu tapi efeknya luar biasa, jadi semangat terus tiap hari," ujar salah satu netter. "Ganti kalimat perintah jadi permintaan..bener bgt! Dulu aku suka nya kalimat perintah efeknya malah jadi salah2 bikin nambah kesel," tambah netter yang lain.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts